Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Bagaimana Berenang yang Benar? Berikut Tips dari Pelatih Renang Olimpiade

Senin 04 Jul 2011 06:00 WIB

Red: Siwi Tri Puji B

Rebecca Adlington

Rebecca Adlington

Foto: Guardian

REPUBLIKA.CO.ID, Bill Furniss, pelatih peraih medali emas Olimpiade, Rebecca Adlington, berbagi tips tentang agimana berenang yang baik. Berikut ini bocoran darinya:

• Berenang menggunakan  hampir setiap otot dalam tubuh Anda. Inilah kelebihan renang yang tak Anda dapatkan dari olah raga lain semisal jogging atau squash. Renang cocok untuk semua usia. Renang juga merupakan olahraga kardiovaskular yang besar, kombinasi kerja jantung dan paru-paru; karenanya cocok juga untuk manula.

• Mulailah secara perlahan - dua atau tiga kali seminggu, selama 30 menit - dan ditambah secara bertahap. Berenanglah dalam batas Anda, sehingga Anda tidak perlu sampai kekurangan napas.

• Semua gaya adalah baik. Yang terbaik untuk kebugaran secara keseluruhan adalah gaya merangkak ke depan. Berubah gaya perlu juga, sehingga otot yang lain juga turut bekerja dan tak membosankan.

• Tidak peduli apa gaya yang Anda lakukan, hal yang penting adalah bernapas. Banyak orang menahan nafas mereka atau tidak bernapas secara alami. Dengan dada, bernapaslah di saat menarik lengan Anda kembali; hembuskan napas saat Anda mendorong lengan Anda ke depan dan menempatkan wajah Anda dalam air. Kenakan klip hidung jika Anda gugup tentang pernapasan dalam air.

• Relaksasi adalah kunci. Bernapaslah dengan lembut, dan katakan kepada diri Anda saat berenang, "jaga agar lama, halus, dan lancar". Anda akan berenang jauh lebih baik.

sumber : Guardian
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA