Rabu 25 May 2011 10:16 WIB

Otak Pun Perlu Berlibur Lho!

Otak juga perlu istirahat.
Foto: startinspiration.blogspot.com
Otak juga perlu istirahat.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK - Maria Kole mencintai pekerjaannya, tapi dia merasa seperti dia kehilangan batas antara "bekerja" dan "tidak bekerja."

Sebagai penerbit untuk buku anak-anak di Brooklyn, New York,  Kole biasa bekerja dari rumah dan berinteraksi dengan klien secara elektronik - telepon, chatting, SMS, atau beremail - selama berjam-jam. Kadang penulis akan memanggilnya di tengah malam dan datang dengan sebuah ide.

Perlu istirahat? Pasti. Tapi juga bukan di luar rumahnya. "Di New York, hanya ada kereta bawah tanah, kantor, orang-orang, berbicara, berteriak, membunyikan klakson, sepanjang waktu," katanya.

Kole akhirnya memilih menyingkir, ketika butuh rehat. Pada awal Mei, dia pergi ke Portland, Oregon, sendirian  dan menghabiskan waktu lima hari bersembunyi di sebuah rumah kontrakan. Aktivitasnya hanya membaca ulang beberapa buku favoritnya, memasak, dan mendengarkan hujan.

"Saya percaya jauh lebih kuat sekarang daripada sebelumnya bahwa untuk dapat menjadi baik pada apa yang saya lakukan, saya harus baik untuk diri sendiri, kreatif, dan isi ulang kreatif saya sendiri...sebelum saya menjadi zombie yang mati otak," katanya.

Pengalaman Kole menunjukkan dari kekuatan liburan untuk membantu mendapatkan wawasan, menghargai kondisi saat ini dan kembali ke "kehidupan nyata" dengan semangat baru.

Memisahkan dari lingkungan yang akrab bisa membantu mendapatkan perspektif baru pada kehidupan sehari-hari, kata Adam Galinsky, profesor di Kellog School of Management di Northwestern University.

Pertimbangkan bahwa ketika Anda mendapat nasihat dari seorang teman, sarannya sering lebih kreatif daripada apa yang Anda telah putuskan untuk diri sendiri - dan studi ilmiah telah menegaskan hal ini. Itu karena teman Anda telah berjarak secara psikologis dari situasi yang dihadapi. Ketika Anda berada di tengah-tengah masalah, kadang-kadang sulit untuk melepaskan diri dari itu, untuk berpikir tentang hal itu dengan jelas.

Demikian pula, banyak orang menemukan manfaat ketika mereka melakukan perjalanan, karena mereka dapat melihat kehidupan mereka dari cara pandang yang beda.

"Bukan hanya mengambil waktu cuti dari pekerjaan, namun sebenarnya semakin jauh dari tempat tinggal Anda benar-benar penting, karena itulah satu-satunya cara bahwa Anda dapat mencapai perspektif itu," kata Galinsky.

Membenamkan diri dalam budaya yang berbeda, katanya, juga memiliki efek ini.

Penelitian Galinsky dengan William Maddux, seorang profesor di sekolah bisnis INSEAD, telah menemukan bahwa bepergian ke luar negeri membuat orang memiliki pemahaman yang lebih bernuansa dari diri mereka sendiri. Di sisi lain,  pada saat yang sama mereka juga memiliki rasa yang lebih baik untuk mengenali siapa mereka.

"Jika Anda ingin mendapatkan manfaat tinggal di luar negeri saat berlibur, kuncinya adalah untuk mencoba memahami dunia melalui perspektif penduduk setempat," katanya. "Tapi Anda tidak perlu meninggalkan negara itu dalam rangka untuk mendapatkan pola pikir baru untuk membawa kembali ke kehidupan sehari-hari." Karena kata kuncinya adalah: bahwa otak perlu istirahat dan berlibur menyegarkan otak Anda.

Ellen Langer, profesor psikologi di Harvard University, melihat manfaat dari berlibur sebagai bagian dari "menjadi sadar". "Amerika adalah bangsa yang tak mengenal libur," kata Langer mengingatkan. Dari sisi psikis, hal ini sungguh tak menguntungkan.

sumber : CNN
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement