Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Selama Ramadhan, Baju Koko Paling Banyak Dibeli

Kamis 20 Jun 2019 02:00 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Christiyaningsih

Baju Muslim. Ilustrasi.

Baju Muslim. Ilustrasi.

Foto: ANTARA
Selama Ramadhan, Tokopedia mencatat baju koko paling banyak dibeli

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama Ramadhan lalu, perusahaan niaga elektronik Tokopedia mencatat sejumlah tren penjualan produk. Tokopedia mencatat barang-barang yang banyak dibeli selama program Ramadhan Ekstra adalah baju-baju Muslim.

Co-Founder dan CEO Tokopedia William Tanuwijaya menyebut barang-barang yang paling banyak dijual dan dibeli adalah barang-barang yang bersifat longtail. “Kalau di Tokopedia memang transaksinya masih longtail, artinya kategori-kategori barang yang bukan fast moving, bukan barang-barang yang dijual di minimarket. Kategori seperti fesyen dan juga aksesoris,” tutur William pada Rabu (19/6).

VP of Corporate Communications Tokopedia Nuraini Razak membenarkan hal itu. Secara spesifik, barang-barang yang sempat menjadi tren untuk dijual dan dibeli di Tokopedia selama Ramadhan kemarin adalah baju Muslim.

“Barang yang sangat ngetren sebenarnya baju Muslim. Di ramadhan ini, penjualan baju koko sangat meningkat dibandingkan tahun lalu,” ungkap Nuraini dalam kesempatan yang sama.

Dari data yang dirilis, pada puncak progam Ramadan Ekstra 2019 yang jatuh pada 17 Mei, beberapa produk mengalami peningkatan penjualan yang signifikan. Jumlah sarung yang terjual meningkat tujuh kali lipat dibandingkan rata-rata 2019.

“Jumlah baju koko terjual meningkat enam kali lipat dibandingkan rata-rata 2019. Jumlah baju koko anak terjual meningkat tujuh kali lipat dibandingkan rata-rata 2019,” jelas dia.

Nuraini menuturkan banyak kebutuhan Lebaran yang dengan mudah didapatkan di Tokopedia. Trennya saat ini, pembelanjaan persiapan lebaran yang biasanya dibeli secara luring (offline) tapi sekarang bisa dibeli secara daring (online).

“Seperti baju Muslim, hijab, dan baju koko. Penjualan buah kurma bisa mencapai 161 truk kira-kira penjualannya. Kue nastar juga banyak. Jadi benar-benar banyak belanja Lebarannya, persiapannya itu di waktu tanggal 17 itu,” jelas dia.

Saat masyarakat mendapatkan uang THR, maka mereka pun berbelanja untuk persiapan Lebaran termasuk di Tokopedia. Tak heran penjualan kategori baju Lebaran dan perlengkapan Lebaran lainnya seperti kurma dan nastar tercermin dalam data penjualan selama Ramadhan.

Baju koko dan baju muslim bahkan telah mengalami peningkatan penjualan empat kali lipat sejak sebelum Ramadhan. Daerah yang paling banyak transaksinya pun tersebar di seluruh Indonesia dan tak hanya terpusat di Jakarta. Selain itu selama Ramadhan Tokopedia mencatat donasi dan zakat yang disalurkan melalui Tokopedia mencapai Rp 7 miliar.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA