Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Patung Kelinci Ini Pecahkan Rekor Karya Seni Termahal

Kamis 23 May 2019 11:28 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari

Seniman Jeff Koons dan patung Rabbit karyanya.

Seniman Jeff Koons dan patung Rabbit karyanya.

Foto: EPA
Kelinci karya Jeffrey Koons laris dilelang seharga Rp 1,3 T.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Patung kelinci karya seniman Amerika Serikat Jeff Koons memecahkan rekor sebagai karya seni termahal. Tepatnya, karya seni paling mahal yang terjual dalam pelelangan yang dibuat oleh seniman yang masih hidup.

Kelinci stainless steel setinggi tiga kaki itu melebihi estimasi lelang yang selama ini ada. Karya terjual lebih dari 91 juta dolar AS (sekitar Rp 1,3 triliun) di pelelangan Christie's, New York, Rabu (22/5) petang.

Rumah lelang Christie's semula memperkirakan patung "Rabbit" akan laku pada angka 50 sampai 70 juta dolar AS. Ternyata, setelah lebih dari 10 menit tawar menawar harga, penawar tertinggi mengajukan 80 juta dolar AS.

Dengan tambahan biaya pelelangan, hasil akhir angka penjualan "Rabbit" adalah 91.075.000 dolar AS. Pada situs resmi yang mempromosikan penjualan, Christie's mendeskripsikan patung sebagai "salah satu karya seni paling ikonik di abad ke-20".

photo
Patung Rabbit karya seniman Jeff Koons.


"Penampilannya renyah dan dingin, sekaligus mengantarkan kita pada bahasa visual di masa kanak-kanak. Kurangnya fitur wajah membuatnya sukar dipahami, namun bentuknya membangkitkan kesenangan dan lelucon," kata Christie's.

Koons merampungkan "Rabbit" pada 1986, sebagai salah satu bagian dari tiga rangkaian patung. Satu patung tersimpan di Broad Foundation, Los Angeles, sementara satu lagi akan diberikan kepada Museum of Contemporary Art di Chicago.

Sementara, patung yang dilelang adalah milik mendiang tokoh media Amerika Serikat Samuel Irving Newhouse yang meninggal pada 2017. Banyak penikmat seni bersemangat karena "Rabbit" belum pernah dipamerkan selama 30 tahun.

"Rabbit" melampaui angka penjualan lukisan "Portrait of an Artist (Pool with Two Figures)" karya seniman Inggris David Hockney. Pada November 2018, lukisan itu terjual di pelelangan yang sama dengan harga 90,3 juta dolar AS.

Pada saat yang sama, Christie's berhasil menjual 50 karya seni dengan total penjualan hampir 540 juta dolar AS. Karya lain pun mencatat rekor, termasuk serial lukisan Claude Monet yang menjadi karya impresionis termahal, dikutip dari laman CNN.


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA