Tuesday, 16 Ramadhan 1440 / 21 May 2019

Tuesday, 16 Ramadhan 1440 / 21 May 2019

Lima Alasan Umum Seseorang Jatuh Cinta

Rabu 15 May 2019 15:20 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Christiyaningsih

Ilustrasi pasangan suami istri

Ilustrasi pasangan suami istri

Foto: EPA/Etienne Laurent
Seiring bertambahnya usia, Anda memahami cinta bukan perasaan semata tapi pilihan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cinta sering dianggap perasaan dan emosi yang bisa membuat seseorang menggila. Hal-hal kecil seperti berpegangan tangan, elusan di rambut atau punggung, atau makan cokelat bersama semuanya dianggap sebagai tanda cinta. Seiring bertambahnya usia, Anda mulai memahami cinta bukanlah perasaan semata melainkan pilihan.

Baca Juga

Anda memilih tetap menyayangi seseorang ketika kondisi sulit sekalipun. Anda memilih untuk tetap bertanggung jawab terhadap pasangan dan menghormati janji suci yang pernah diucapkan. Berikut adalah lima alasan umum seseorang jatuh cinta dilansir Womanitely, Rabu (15/5).

1. Menjadi pribadi lebih baik

Biasanya kebanyakan orang jatuh cinta dengan seseorang yang mereka anggap menarik dan pantas, sekaligus orang yang menyukainya. Berpasangan dengan seseorang menciptakan situasi di mana Anda menemukan peluang untuk mengembangkan diri.

Memiliki pasangan bisa memperluas pikiran Anda dan membuat pribadi Anda menjadi lebih baik. Ketika Anda merasakan manfaat di mana Anda bisa lebih berkembang setelah mengenalnya, Anda pun seperti mendapat gelombang kebahagiaan.

2. Kontak mata kuat

Mempertahankan kontak mata dengan seseorang yang dicintai memungkinkan Anda melihat jauh ke dalam jiwanya. Ini menciptakan ketertarikan mendalam satu sama lain.

Bahkan untuk dua orang yang belum pernah bertemu sebelumnya, tatapan mata memesona bisa menciptakan koneksi mendalam seolah Anda telah mengenalnya begitu lama. Koneksi ini bisa dianggap cinta.

3. Merasa terhubung luar dalam

Anda jatuh cinta ketika tubuh selaras dengan respons eksternal yang muncul dari sosok seseorang. Pemicunya bisa dari penciuman, visual, pendengaran, dan sentuhan yang terjadi dalam urutan, waktu, dan tempat yang tepat. Secara ilmiah ini disebut hubungan romantis. Seseorang bisa jatuh cinta dipicu berbagai rangsangan eksternal dan proses neurokimia yang kompleks.

4. Aroma tubuh

Banyak orang jatuh cinta dengan pasangan karena aroma tubuh. Ini mungkin terkesan kurang masuk akal namun wangi tubuh bisa memunculkan asmara antara pria dan wanita. Sinyal dari aroma tubuh seseorang masuk ke otak melalui sistem penciuman dan akhirnya Anda jatuh cinta.

5. Hormon

Hormon berperan besar membuat dua orang jatuh cinta. Apakah mulut Anda mengering dan jantung berdebar begitu bertemu dengan orang yang disukai? Nah, ini adalah respons stres awal yang terjadi ketika tubuh melepaskan hormon seperti serotonin, dopamin, dan adrenalin ke dalam aliran darah.

Orang yang Anda sukai melepaskan dopamin tinggi saat bertemu Anda. Neurotransmitter ini membantu merangsang perasaan senang luar biasa. Efeknya sama seperti yang dirasakan otak saat seseorang menggunakan kokain.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA