Wednesday, 17 Ramadhan 1440 / 22 May 2019

Wednesday, 17 Ramadhan 1440 / 22 May 2019

Empat Perilaku Unik Pengguna Twitter Saat Ramadhan (2)

Selasa 23 Apr 2019 17:04 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Christiyaningsih

Media sosial Twitter.

Media sosial Twitter.

Foto: EPA
Ada tiga kategori pembelanjaan yang paling banyak dilakukan pengguna Twitter

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ramadhan merupakan momen yang dinanti oleh banyak umat Muslim di seluruh dunia termasuk Indonesia. Antusiasme umat Muslim dalam menyambut Ramadhan biasanya tercermin pada unggahan-unggahan mereka di media sosial.

Baca Juga

Pengguna Twitter Indonesia termasuk pengguna media sosial yang cukup aktif menunjukkan antusiasmenya terhadap Ramadhan. Pada 2018 lalu misalnya, ada 133 juta tweet terkait Ramadhan secara global. Sekitar 20 persen di antaranya berasal dari pengguna Twitter Indonesia.

Percakapan mengenai Ramadhan di Twitter juga mulai meningkat sejak sebulan sebelum Ramadhan. Mayoritas dari tweet yang diunggah ialah mengenai hari pertama Ramadhan dan Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri.

Berdasarkan survei yang dilakukan pada April 2019, Twitter Indonesia menemukan ada beberapa perilaku menarik yang kerap ditunjukkan pengguna Twitter terkait Ramadhan. Perilaku-perilaku unik ini patut dimanfaatkan oleh pelaku usaha ataupun pemilik brand hingga pembuat konten untuk memulai kampanye di Twitter, memaksimalkan interaksi dengan audiens, dan meningkatkan penjualan selama Ramadhan. Berikut perilaku-perilaku unik pengguna Twitter saat Ramadhan.

3. Pengguna Twitter Indonesia gemar berbelanja

Pengguna Twitter di Indonesia menunjukkan kecenderungan berbelanja lebih tinggi saat Ramadhan. Survei menunjukkan satu dari tiga pengguna berniat untuk berbelanja lebih banyak di toko ritel. Sedangkan satu dari empat pengguna lebih menikmati berbelanja menggunakan perangkat mobile.

Sekitar 61 persen dari pengguna Twitter di Indonesia baru merencanakan belanja kebutuhan Ramadhan sekitar satu pekan sebelum puasa dimulai. Kecenderungan ini perlu dimanfaatkan sebaik mungkin oleh brand untuk memberikan penawaran atau diskon demi memaksimalkan penjualan.

Selama Ramadhan, ada tiga kategori pembelanjaan yang paling banyak dilakukan pengguna Twitter di Indonesia. Ketiga kategori tersebut adalah pakaian atau aksesoris sebesar 70 persen, tiket pesawat sebesar 50 persen, dan peralatan rumah tangga sebesar 48 persen.

4. Informasi perjalanan sangat dicari

Tahun lalu, ada lebih dari tiga juta tweet terkait mudik yang diunggah oleh pengguna Twitter di Indonesia. Penyebutan mudik semakin meningkat selama Ramadhan hingga dua pekan setelah lebaran.

Kecenderungan berpergian juga semakin sering dilakukan selama Ramadhan. Sekitar 41 persen pengguna yang berencana berpergian akan memesan tiket dua pekan sebelum jadwal perjalanan. Hal ini membuat informasi-informasi seputar tiket, diskon, hingga penawaran menarik lain sangat dicari oleh pengguna Twitter.

Pengguna Twitter Indonesia juga mencari topik utama seputar mudik. Topik-topik yang paling banyak dicari pengguna Twitter Indonesia seputar mudik adalah rute terbaik selama perjalanan, hiburan selama perjalanan, dan tips kelancaran perjalanan.

"Traveling selama Ramadhan sangat happening di Twitter," ungkap Country Industry Head Indonesia dan Malaysia Dwi Ardiansah saat ditemui di Twitter HQ Indonesia, Jakarta.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA