Rabu, 24 Safar 1441 / 23 Oktober 2019

Rabu, 24 Safar 1441 / 23 Oktober 2019

Delapan Topik Terpanas di Indonesia Sepanjang 2018

Jumat 28 Des 2018 08:41 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Ani Nursalikah

Suasana Pembukaan Asian Para Games ke 3 yang menceritakan keberagaman Indonesia saat pembukaan Asian Para Games ke 3 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Sabtu (6/10) Malam.

Suasana Pembukaan Asian Para Games ke 3 yang menceritakan keberagaman Indonesia saat pembukaan Asian Para Games ke 3 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Sabtu (6/10) Malam.

Foto: Republika/Iman Firmansyah
Pemantauan topik dilakukan di media sosial Twitter.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tahun 2018 mungkin hanya tinggal hitungan hari. Namun tak dapat dipungkiri, 2018 merupakan tahun yang penuh dengan beragam topik hangat yang menarik diperbincangkan.

Perusahaan media intelligence Isentia telah melakukan pemantauan sosial media hingga 10 Desember lalu. Berdasarkan pemantauan ini, Isentia mengungkapkan ada delapan topik yang paling banyak dibicarakan masyarakat Indonesia sepanjang 2018.

"Dari berbagai trending topik tersebut, kami menemukan ternyata Twitter masih merupakan kanal media sosial paling aktif untuk berdiskusi, menyebarkan berita juga kampanye," ujar Insights Manager Isentia Indonesia Rendy Ezra pada sebuah acara tahunan di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Berikut ini adalah kedelapan topik tersebut seperti diungkapkan Isentia.

Polemik Susu Kental Manis

Pembicaraan hangat mengenai Susu Kental Manis (SKM) mulai muncul pada pertengahan 2018. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI menanggapi isu ini dengan mengeluarkan surat edaran terkait penggunaan SKM secara bijak. Isentia mengungkapkan ada 11.956 total buzz di media sosial terkait topik ini sejak 1 Mei 2018 hingga 31 Agustus 2018. Puncak tertinggi pembicaraan mengenai SKM di media sosial terjadi pada 9 Juli, di mana sebagian besar merupakan pendapat pengguna media sosial media terhadap polemik ini.

photo

Asian Games ke-18 dan Asian Para Games ke-3

Ajang pertandingan olahraga berskala besar ini menjadi topik terhangat di Twitter sepanjang Agustus hingga Oktober. Pada kedua ajang pertandingan olahraga ini, Indonesia berhasil melampaui target yang ditetapkan oleh Kemenpora dengan meraih 98 medali dalam Asian Games 2018 dan 135 medali dalam Asian Para Games 2018.

Selama periode Agustus hingga Oktober, Isentia mengungkapkan ada 614.411 buzz daring seputar Asian Games. Dari jumlah itu, 95 persen di antaranya merupakan percakapan di Twitter. Dalam periode yang sama, Isentia juga mengungkapkan ada 21.124 total buzz seputar Para Games, dengan momentum tertinggi pada 7 Oktober terkait upacara pembukaan Asian Para Games.

Pertemuan Tahunan IMF 2018

Pertemuan Tahunan International Monetary Fund (IMF) 2018 di Bali turut menjadi perbincangan hangat di tengah masyarakat, termasuk pengguna media sosial. Isentia mengungkapkan ada 27.573 total buzz mengenai topik ini dengan puncak momentum buzz terjadi pada 8 Oktober terkait anggaran pertemuan tahunan ini. Pertemuan Tahunan IMF 2018 yang mengangkat tema "Voyage to Indonesia" ini membahas seputar investasi infrastruktur, kesepakatan bilateral, maupun bantuan bencana.

(Baca juga: 7 Film Paling Menjanjikan Sepanjang 2019)

Bencana Alam di Palu dan Donggala

Gempa bumi dan tsunami yang melanda Palu serta Donggala pada 28 September lalu menyita perhatian masyarakat luas. Tercatat ada 64.464 total buzz mengenai topik ini dengan momentum tertinggi pada 3 Oktober terkait bantuan pasca bencana. Bencana alam ini menyebabkan sekitar 2.000 orang tewas, sekitar 12.500 orang luka-luka dan 200 ribu orang menjadi pengungsi menurut Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BPBN).

photo
Yuslifa berpose di depan rumahnya yang rusak akibat likuifkasi di Lere, Palu, Sulawesi Tengah.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA