Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Klinik Pasien Kecanduan Gim Dibuka di London

Rabu 27 Jun 2018 22:12 WIB

Rep: Christiyaningsih/ Red: Ani Nursalikah

Bermain video game.

Bermain video game.

Foto: Reuters
Sudah saatnya kecanduan gim mendapat perhatian lebih.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Sebuah rumah sakit di London membuka klinik yang dikhususkan bagi pasien dengan kecanduan bermain gim. Klinik tersebut merupakan klinik khusus kecanduan gim pertama yang didirikan dengan dana National Health Service (NHS), layanan kesehatan di Inggris.

The Guardian melaporkan operasional klinik akan dimulai dalam beberapa pekan ke depan. Psikiater sekaligus pendiri klinik, Henrietta Bowden-Jones menjelaskan pihaknya akan memberikan perawatan, riset, serta nasihat kepada keluarga dan orang-orang yang membutuhkan.

"Gaming disorder atau kecanduan gim sudah saatnya mendapat perhatian lebih. Keadaan dan kerugian yang ditimbulkan bisa berdampak ekstrem dan saya merasa ada kewajiban moral yang harus ditunaikan atas nama NHS. Perawatan akan didasarkan pada bukti-bukti serta kebutuhan kepada orang-orang muda dan keluarga," ujarnya kepada The Guardian.

Henrietta mengungkapkan ia tak ingin menyaksikan fenomena kecanduan gim semakin mewabah. Akan tetapi bagi mereka yang ingin berjuang melepaskan diri dari kecanduan, maka klinik yang diinisiasinya akan membantu memperbaiki hidup para pasien.

Di sisi lain, juru bicara untuk The Central and North West London NHS Foundation Trust menolak mengonfirmasi berapa banyak orang yang sudah mendaftar untuk mendapat terapi kecanduan gim. Untuk diketahui, klinik ini berdiri tak lama setelah WHO mengklasifikasikan kecanduan gim sebagai salah satu gangguan kesehatan mental.

Baca juga: Kecanduan Gim Digolongkan Sebagai Gangguan Perilaku

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA