Rabu, 17 Ramadhan 1440 / 22 Mei 2019

Rabu, 17 Ramadhan 1440 / 22 Mei 2019

Kate Middleton Ajak Peduli Kesehatan Mental

Rabu 24 Jan 2018 12:32 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari

Kate Middleton.

Kate Middleton.

Foto: EPA
Kerajaan Inggris memiliki komitmen membangun kesehatan mental masyarakatnya.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Duchess of Cambridge Kate Middleton mengambil langkah selanjutnya dalam gerakan kesehatan mental. Dia mencoba fokus membangun kesehatan mental yang baik bagi anak-anak.

Middleton menghadiri acara peluncuran situs web Heads Together Mentally Healthy Schools untuk menangani masalah kesehatan mental pada anak. Situs tersebut untuk sementara masih dalam tahap uji coba pada 50 sekolah dan rencananya akan tersedia luas untuk setiap sekolah dasar di Inggris tahun ini.

Situs ini dibagi menjadi empat kategori, termasuk sumber pengajaran, risiko dan faktor pelindung, kebutuhan kesehatan mental, dan pendekatan keseluruhan untuk pemimpin sekolah. Keberadaan istri Pangeran William itu sebagai bukti konsentrasi Kerajaan pada pembangunan kesehatan mental, termasuk pada anak-anak.

"Saya melihat berkali-kali ada banyak hal yang bisa didapat dari pembicaraan kesehatan mental dan kesehatan mental anak-anak kita sama seriusnya dengan kesehatan fisik mereka," kata ibu dua anak tersebut dikutip dari E! Online, Rabu (24/1).

Bagi Middleton, melakukan intervensi di awal kehidupan untuk permasalahan kesehatan mental akan membantu menghindari masalah yang jauh akan lebih rumit ketika menginjak usia dewasa. Perlu ada komitmen bersama untuk menangani masalah tersebut mulai dari usia termuda, yaitu dari bayi, balita, hingga anak sekolah.

"Anda melihat anak-anak kita saat mereka tumbuh, belajar dan bermain karena mereka membangun keterampilan sosial mereka yang akan membuat perbedaan pada masa depan mereka," ujar Middleton mencoba berbicara dengan guru.

Kesehatan mental anak perlu dibantu dengan perhatian dari orang dewasa, termasuk guru di sekolah. Guru mesti bisa menempatkan diri untuk membantu masalah mental dan emosi anak, serta mencoba membantu mengharapkan orang tua agar bisa memberi dukungan dengan tepat.

Guru ingin membantu, tapi tidak punya waktu untuk mencari informasi dan saran terbaik di luar sana. Sebab itu, Middleton menyatakan, jika guru memerlukan sumber daya yang dapat dipercaya dan memiliki akses mudah untuk melihat anak setiap saat. Salah satu cara yang bisa digunakan dengan situs web yang baru saja diluncurkan dan diharapkan dapatkan memberikan hasil yang maksimal untuk kesehatan mental anak-anak karena melalui bantuan banyak pihak.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA