Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Anna Boden, Sutradara Wanita Pertama Film Marvel

Kamis 10 Jan 2019 12:08 WIB

Rep: Christiyaningsih/ Red: Indira Rezkisari

Sutradara Anna Boden

Sutradara Anna Boden

Foto: EPA
Anna menilai film Captain Marvel akan jadi kolaborasi wanita-wanita super.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Ketika daftar nominasi Golden Globe tahun ini diumumkan, ada satu kekurangan yang menarik perhatian. Di kategori Sutradara Terbaik, tidak ada satu pun nama sutradara wanita yang masuk nominasi. Fenomena ini bukan sesuatu yang mengejutkan karena jumlah sutradara wanita di Hollywood jauh lebih sedikit daripada sutradara pria.

Perhelatan Oscar juga menunjukkan kondisi serupa. Sepanjang Oscar digelar, kategori sutradara terbaik mencatatkan 440 sutradara pria dan hanya lima sutradara wanita sebagai nominator. Data dari Center for the Study of Women in Film and Television memperlihatkan sepanjang 2017-2018 jumlah sutradara wanita hanya delapan persen.

Kini ranah perfilman Hollywood nampaknya mulai berbenah. Pada 8 Maret nanti film Captain Marvel akan dirilis. Captain Marvel bukan hanya film yang mengangkat pahlawan super seorang wanita. Akan tetapi, film tersebut juga merupakan film Marvel pertama yang disutradarai oleh wanita. Dialah Anna Boden.

Boden duduk di kursi sutradara berkolaborasi dengan Ryan Fleck. Wanita ini dikenal dengan karya-karya dokumenternya dan film indie berjudul Missisipi Grind. Ini artinya Captain Marvel adalah debut pertamanya menyutradarai proyek komersil berskala besar. Kendati demikian Presiden Marvel Cinematic Universe (MCU) Kevin Feige memuji kinerja Boden dan partnernya.

"Anna dan Ryan berdiskusi hebat tentang tokoh Carol Danvers (Captain Marvel) dan tentang perjalanannya. Ketika Anda melihat hasil kerja mereka di masa lalu, mereka mengagumkan dan bermain dengan berbagai karakter yang membuat kami terkesan," jelas Feige dikutip dari Marie Claire.

Anna Boden yang mengemban tugas besar ini mengaku merasa terhormat diberikan kesempatan menyutradarai Captain Marvel. "Mengejutkan ketika tahu ternyata aku sutradara wanita pertama di Marvel tapi aku adalah orang yang mau mencoba menaklukkan berbagai jenis pekerjaan. Hal yang kusukai dari film ini adalah kolaborasi antara wanita-wanita super," ungkapnya.

Menyutradarai film Captain Marvel melahirkan tekanan dan tanggung jawab tersendiri bagi Boden. "Aku menghidupkan semua potensi yang ada di film ini. Diawali dari karakter menakjubkan di komik, wanita hebat seperti Brie Larson, siapa yang mewujudkannya, ditambah kerja sama denhan para pembuat film Marvel di masa lalu," imbuhnya.

Wanita berusia 42 tahun ini juga terkejut melihat bagaimana setiap orang di proyek Captain Marvel bekerja dengan serius untuk membuat cerita yang apik. "Mulai dari para eksekutif sampai kru dan para artis, saya melihat bagaimana semua mengerjakan dengan hati dan kepedulian," tutur Boden.



 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA