Wednesday, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 February 2020

Wednesday, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 February 2020

Richard Branson Targetkan Wisata Luar Angkasa pada 2018

Ahad 09 Jul 2017 02:12 WIB

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Andri Saubani

Richard Branson

Richard Branson

Foto: AP

REPUBLIKA.CO.ID, Pengusaha Richard Branson ingin mengembalikan Virgin Galactic ke ruang angkasa pada akhir tahun ini. Ia pun berharap bisa terbang ke ruang angkasa pada pertengahan 2018.

Seperti dikutip dari Travel and Leisure, Jumat (7/7), Branson menyebut uji coba pesawat ruang angkasa Virgin Galactic akan dimulai pada musim gugur tahun ini. Uji coba tersebut akan terus dilakukan setiap tiga pekan sekali. Ia berharap roket tersebut sudah bisa mencapai ruang angkasa pada November atau Desember.

Uji coba ini merupakan uji coba perdana setelah kecelakaan pada 2014 yang menyebabkan tewasnya pilot pesawat ruang angkasa Virgin. Jika semua hal berjalan sesuai rencana, Branson akan berada di pesawat itu untuk melakukan uji coba penerbangan.

Penerbangan komersial ke ruang angkasa diprediksi akan marak mulai akhir tahun depan. Virgin Galactic membanderol harga tiket ke ruang angkasa sebesar 250 ribu dolar AS (Rp 3,3 miliar). Sekitar 500 orang telah memesan tiket itu termasuk di antaranya adalah Stephen Hawking, Ashton Kutcher, Leonardo DiCaprio, dan Justin Bieber. Pengalaman selama 2,5 jam itu termasuk sensasi merasakan gravitasi nol selama enam menit.

Virgin Galactic sedang dalam kompetisi dengan perusahaan SpaceX milik Elon Musk dan Blue Origin milik Jeff Bezos. Branson mengaku, ia tidak khawatir dan menyebut masih ada ruang di pasar untuk tiga perusahaan itu bersaing.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA