Monday, 7 Rabiul Awwal 1444 / 03 October 2022

Sambut Hari Buku Dunia, Rumah Dunia Gelar Pesta Literasi

Jumat 31 Mar 2017 21:38 WIB

Red: Irwan Kelana

Gol A Gong, pendiri Rumah Dunia.

Gol A Gong, pendiri Rumah Dunia.

Foto: Dok Rumah Dunia

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG – Rumah Dunia akan mengelar pesta literasi perayaan hari buku sedunia  selama tiga hari, 21-23 April 2017. Rangkaian kegiatan tersebut dipusatkan di Rumah Dunia,  Kampung Ciloang, Serang, Banten.

 

“Para pengunjung bisa mondok di rumah warga, Rp 50 ribu/orang/malam. Konsepnya ‘Gempa Literasi’, yaitu pameran buku, pertunjukan seni, peluncuran dan bedah buku, lomba, diskusi, dan pelatihan,” kata Ketua Pelaksana World Book Day (WBD) 2017 Hilman Sutedja, Kamis (30/3/2017).

Hilman menambahkan, dalam rangkaian pesta literasi tersebut ada Gramedia Book Fair, peluncuran 20 buku FLP Ciputat, 29 angkatan Kelas Menulis #RumahDunia, lomba poster WBD, pesta monolog, pertunjukan teater laboratorium Banten Girang Peri Sandi Huizche, Kurnia Effendi dan kawan-kawan. Ada pula lomba baca-tulis Wong Cilik bersama Kantor Bahasa Banten,  Beatbox IAIN, musikalisasi puisi, pameran foto, dan Motor Literasi asuhan Firman Venayaksa. "Sudah mendaftar sebanyak 40 buku yang akan diluncurkan," ungkap  Hilman.

Hilman menyilakan para penulis di Banten atau seluruh Indonesia, jika punya buku baru, mendaftar saja dan diluncurkan di WBD Rumah Dunia 2017. "Pembiayaannya swadaya.  Tapi jika ada perusahaan yang mau membantu menyukseskan acara ini, silahkan datang. Dana yang sudah masuk dari Gong Publishing Rp 2,5 juta, Epigraf Rp 1 juta dan Asma Nadia Publishing House Rp 1 juta. Nanti logo disertakan. Kontak saya di 081289210683," tambah Hilman bersemangat.

Presiden Komunitas Rumah Dunia  Ahmad Wayang mengisyaratkan,   produser RCTI  Boim Lebon akan memberikan pelatihan menulis cerita komedi. "Doain, Asma Nadia meluncurkan buku Cinta 2 Kodi pada Ahad,  23 April 2017," Wayang menambahkan. Seminar literasi anti korupsi bersama KPK juga akan dilaksanakan di WBD 2017.

Diskusi buku yang sudah siap "Menuju Banten Baru" karya Uten Sutendy. Nara sumber H. Embay Mulya Syarief siap hadir. "Diskusi kedua "Manfaat Buku Bagi Kehidupan" dengan nara sumber Rano Karno dan  Suni Ahwa, kadis Perpustakaan dan Kearsipan, serta Kantor Bahasa Banten," tutur Wayang.

Penyair Lampung Jauza Imani, siap membacakan puisi-puisinya dari buku puisi "Hujan, Kau Selalu Begitu". “Tentu Iman Soleh dari CCL Bandung siap menggebrak. Toto St Radik dan Edi Bonetski.berkolaborasi dalam "Sirkus Politik",” tutur Wayang.

Penyair dari China asal Indonesia yang berdomisili di Nainjin, bernama Guang Xien, akan menyanyikan puisi-puisi ibunya dalam bahasa China. “Juga rapper Abu Dhabi - Gabriel Gee, siap mentas,” papar Wayang.

 

Rumah Dunia yang didirikan oleh Heri Hendrayana Harris atau lebih dikenal dengan nama pena Gol A Gong adalah madrasah kebudayaan yang bergiat di bidang jurnalistik, sastra, film, teater, musik dan menggambar. Misinya adalah mencerdaskan dan membentuk generasi baru yang kritis di bumi Banten. Juga mengandung filosofi memindahkan dunia ke rumah lewat buku, warna, rupa, gerak, suara, dan internet.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA