Wednesday, 26 Rabiul Akhir 1443 / 01 December 2021

Wednesday, 26 Rabiul Akhir 1443 / 01 December 2021

Sesame Street Perkenalkan Boneka Gadis Afghanistan Pertama

Jumat 08 Apr 2016 09:05 WIB

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Indira Rezkisari

Karakter Zari di Sesame Streets yang berasal dari Afganistan.

Karakter Zari di Sesame Streets yang berasal dari Afganistan.

Foto: Reuters

REPUBLIKA.CO.ID, Mesir mempunyai Khokha, India mempunyai Chamki dan sekarang Afghanistan ikut mempunyai boneka pertama di Sesame Street, seorang gadis berusia enam tahun bernama Zari.

Nama Zari memiliki arti berkilauan, dari bahasa Dari dan Pashto. Ia membuat debutnya hari ini di Afghanistan dalam acara Baghch-e-Simsim, acara TV pendidikan untuk anak-anak pra-sekolah.

Sebagai seorang gadis kecil, Zari mengemban misi besar. Ia digunakan untuk kampanye pemberdayaan perempuan dan anak-anak.

Menurut United States Agency for International Development (USAID), perempuan dan anak-anak di Afghanistan tidak lagi diberi kesempatan mengenyam pendidikan sejak 15 tahun lalu. Afghanistan kini memiliki sekitar lima juta anak-anak di bawah usia lima tahun, tapi sepertiga dari mereka tidak bersekolah.

Zari akan tampil di segmen Sesame Street tentang kesehatan, olahraga dan kesejahteraan. Ia akan mewawancarai dokter dan profesional lain untuk mencari tahu apa yang dia perlu lakukan untuk menjadi lebih baik.

"Bagian yang menarik tentang Zari adalah bahwa dia adalah model bagi gadis-gadis muda yang bersemangat pergi ke sekolah dan memiliki mimpi untuk berkarir," ujar Sherrie Westin, wakil presiden eksekutif bagian global dan filantropi Sesame Workshop kepada Reuters.

Zari memiliki kulit wajah ungu dan jalinan rambut berwarna cokelat, biru, dan oranye dari benang wol. Ia memakai pakaian kasual dan tradisional Afghanistan.

Ia bergabung dalam Baghch-e-Simsin di awal musim kelima. Acara yang diberi bantuan dana oleh Departemen Luar Negeri AS ini merupakan program TV yang paling banyak ditonton anak-anak di Afghanistan. 81 persen dari anak-anak tersebut berusia 3 sampai 7 tahun.

Westin mengatakan, sebuah penelitian menunjukkan adanya efek dari keberadaan Zari. Zari bisa membuka pikiran ayah-ayah di Afghanistan untuk mulai mendidik anak-anak perempuan mereka.

Zari bersama beberapa boneka lainnya, seperti Chamki dari India, Kami dari Afrika Selatan, memiliki peran penting dalam Sesame Street. Mereka adalah konten lokal yang berkolaborasi dengan karakter favorit Sesame Street, Elmo dan Big Bird.

Westin menambahkan, acara TV seperti Sesame Street, yang pertama kali diluncurkan di Amerika Serikat pada tahun 1969, dapat membuka pikiran dan mempengaruhi sikap masyarakat tanpa ancaman.

"Kekuatan dan potensi Zari sebagai role model adalah untuk menjangkau anak-anak dan orang tua, karena mereka mungkin tidak memiliki akses ke konten pendidikan lainnya," katanya

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA