Sunday, 8 Rabiul Awwal 1442 / 25 October 2020

Sunday, 8 Rabiul Awwal 1442 / 25 October 2020

Mirip Kantong Belanja ke Pasar, Tas Balenciaga Jadi Lelucon

Jumat 11 Mar 2016 09:08 WIB

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari

Tas keluaran Balenciaga (kiri) yang sangat mirip dengan tas yang biasa digunakan untuk belanja ke pasar di Thailand.

Tas keluaran Balenciaga (kiri) yang sangat mirip dengan tas yang biasa digunakan untuk belanja ke pasar di Thailand.

Foto: thaivisanews

REPUBLIKA.CO.ID, Merek mode Eropa ternama, Balenciaga, membuat kehebohan dengan desain tas terbaru mereka. Betapa tidak, tas yang dibanderol dengan harga tinggi tersebut memiliki desain yang sama dengan tas plastik ala Thailand yang kerap digunakan ibu-ibu untuk berbelanja ke pasar.

Tak heran jika para pengamat mode, khususnya dari Asia, seketika tertawa kecil ketika melihat desain ini di atas panggung pada Ahad lalu. Pasalnya, tas berukuran cukup besar tersebut benar-benar serupa dengan kantung belanja plastik ibu-ibu di Thailand.

Tas keluaran Balenciaga ini memiliki motif garis-garis yang besar dan berwarna-warni. Desain dari tas yang terbuat dari kulit ini pun tidak terlihat begitu istimewa, hanya berbentuk segi empat berukuran besar saja. Karena itu, siapa pun yang pernah ke Thailand akan segera membayangkan kantung belanja plastik ketika melihat tas mewah Balenciaga tersebut.

Dengan bentuk yang nyaris serupa, tas keluaran Balenciaga ini tentu dijual dengan harga jauh lebih tinggi dari kantung belanja plastik Thailand. Jika kantung belanja plastik Thailand bisa didapatkan dengan harga sekitar Rp 31 ribu, harga tas keluaran Balenciaga ini bisa seribu kali lipatnya, yaitu sekitar Rp 31 juta.

Perbedaan yang sangat kontras untuk barang yang 'nyaris' serupa ini seketika menjadi lelucon oleh warga Thailand di dunia maya. Beberapa netizen Thailand bahkan mengunggah foto mereka dan bergaya bak model dengan menggunakan kantung belanja plastik besar yang mirip dengan koleksi terbaru Balenciaga tersebut.

Meski terlihat serupa, Direktur Jendral Departemen Kekayaan Intelektual Thailand, Nantawan Sakunkarn, menyatakan bahwa koleksi Fall/Winter 2016 tersebut tidak menyalahi hak cipta. Pasalnya, Sakunkarn mengatakan koleksi yang dikeluarkan direktur kreatif Balenciaga, Demna Gvasalia, tersebut terbuat dari bahan yang berbeda dengan kantung belanja plastik khas Thailand, dikutip Malay Mail Online.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA