Tuesday, 19 Zulhijjah 1440 / 20 August 2019

Tuesday, 19 Zulhijjah 1440 / 20 August 2019

Libur Lebaran, Pantai Ancol Aman dari Ubur-ubur

Ahad 09 Jun 2019 16:48 WIB

Rep: Mimi Kartika/ Red: Andi Nur Aminah

Pengunjung bermain air di Pantai Karnaval Ancol, Jakarta, Kamis (6/6/2019).

Pengunjung bermain air di Pantai Karnaval Ancol, Jakarta, Kamis (6/6/2019).

Foto: Antara/Dhemas Reviyanto
Kawanan ubur-ubur bertebaran di sekitar garis pantai selatan, Jawa Tengah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pihak PT Taman Impian Jaya Ancol menyatakan bahwa pantai utara Jakarta yang masuk di kawasan Ancol aman dari ubur-ubur. Sebelumnya, kawanan ubur-ubur bertebaran di sekitar garis pantai selatan, Jawa Tengah karena memasuki musimnya.

"Enggak ada informasi ubur-ubur, alhamdulillah aman, kita kan juga pantai utara Jakarta," ujar Department Head Corporate Communications PT Taman Impian Jaya Ancol, Rika Lestari saat dihubungi Republika.co.id, Ahad (9/6).

Baca Juga

Ia menjelaskan, sejauh ini belum ada temuan binatang zooplankton yang 95 persen tubuhnya terdiri atas air itu di Pantai Ancol. Sehingga, pada libur Lebaran 2019 ini, Pantai Ancol aman dari kawanan ubur-ubur yang bisa menyengat apapun yang menyentuh tentakelnya.

Ubur-ubur dalam jumlah cukup banyak pernah muncul di pantai Ancol pada Oktober 2018 lalu. Saat itu, Peneliti Plankton Pusat Penelitian Oseanografi LIPI Arief Rachman mengatakan ada dua jenis ubur-ubur yang muncul di Pantai Ancol.

Kedua jenis tersebut adalah ubur-ubur Phyllorhiza punctata atau spotted jellyfish dan ubur-ubur Catostylus mosaicus atau the jelly blubber yang berasal dari kelas Scyphozoa.

Sementara itu, pada H+4 Lebaran atau Ahad (9/6) masyarakat masih memadati kawasan Ancol. Rika menyebut, tercatat ada sekitar 88 ribu pengunjung per pukul 15.00 WIB yang akan terus bertambah hingga malam hari nanti. "Jumlah pengunjung Ancol sudah 88 ribu per 15.00 WIB," kata Rika.

Bahkan pada H+3 Lebaran atau Sabtu (8/6) jumlah pengujung mencapai 134.299 orang. Jumlah ini lebih banyak 30 persen jika dibandingkan pada H+3 Lebaran tahun lalu sebesar 105 ribu.

Dari jumlah pengunjung Ancol itu, mereka tersebar ke beberapa lokasi rekreasi. Di antaranya yang memilih Dufan sebanyak 9.637 pengunjung, Atlantis menerima 10.122 pengunjung, Ocean Dream Samudra kedatangan 5.053 orang, dan Seaworld dipadati oleh 8.772 orang.

Sementara sisanya, menikmati rekreasi di kawasan Ancol seperti pantai utara Jakarta dan taman. Ada beberapa pantai yakni pantai Lagoon, Festival, Indah, Beach Pool dan Carnaval, serta Danau Impian, sepanjang kurang lebih 6,5 kilometer.

Taman Impian Jaya Ancol juga menggelar pagelaran musik orkestra dan penampilan artis Ibu Kota di sepanjang pantai timur Ancol untuk menghibur pengunjung di musim libur Lebaran 2019 mulai 5-7 Juni. Kegiatan tersebut terpusat di Panggung Apung (floating stage) pantai Lagoon.

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA