Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Museum Patiayam Tambah Fosil Lima Hewan Purba

Senin 17 Jun 2019 21:12 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Wisata Museum Geologi Seorang anak bersama orangtunya mengamati fosil hewan purbakala di Museum Geologi, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (3/1).

Wisata Museum Geologi Seorang anak bersama orangtunya mengamati fosil hewan purbakala di Museum Geologi, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (3/1).

Foto: Mahmud Muhyidin
Museum Patiayam tambah fosil lima hewan purba hasil temuan Juni ini.

REPUBLIKA.CO.ID, KUDUS -- Koleksi fosil purba yang dimiliki Museum Patiayam Kudus, Jawa Tengah bakal bertambah menyusul adanya temuan fosil lima spesies hewan purba di Situs Patiayam. Fosil-fosil tersebut ditemukan pekan lalu.

"Fosil lima spesies hewan purba tersebut ditemukan pada 14 Juni 2019 yang bertepatan dengan Hari Purbakala ke 106," kata Kasi Sejarah, Permuseuman dan Kepurbakalaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus RR. Lilik Ngesti W didampingi Koordinator Situs Purbakala Patiayam Jamin di Kudus, Senin (17/6).

Ia mengungkapkan fosil kelima spesies hewan purba tersebut ditemukan berada dalam satu lokasi. Fosil yang ditemukan tersebut, yakni gading gajah, banteng, kerbau, kijang, dan buaya. Khusus fosil gading gajah, kata dia, sebagian sudah diangkat, sedangkan selebihnya masih berada di lokasi temuan.

"Kami perkirakan gading gajah tersebut besarnya hampir sama dengan temuan sebelumnya yang saat ini menjadi koleksi di Museum Patiayam," ujarnya.

Pasalnya, lanjut dia, pada ujung bagian tengahnya saja memiliki diameter 15 sentimeter, sedangkan pangkalnya tentu lebih besar lagi.

Panjang gading gajah tersebut, diperkirakan memiliki panjang hampir 2 meteran dengan perkiraan memiliki usia antara 700 ribu hingga 1 juta tahun lalu. Lokasi temuan masih berada di kawasan milik Perum Perhutani dan berdekatan dengan Bendungan Logung Kudus.

"Karena kami belum memiliki tenaga ahli dalam hal penggalian fosil hewan purba tersebut, maka kami harus menunggu tim ahli dari Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran," ujarnya.

Ia memperkirakan tim ahli dari Sangiran akan melakukan eskavasi pada bulan Agustus 2019. Koordinator Situs Purbakala Patiayam Jamin menambahkan bahwa jumlah fosil purba yang ditemukan selama ini tercatat ada 17 spesies hewan purba dengan jumlah 7.800 fragmen yang sudah teridentifikasi.

Belasan spesies hewan purba yang ditemukan, meliputi hewan yang hidup di laut dalam, rawa, dan darat. Adapun koleksi fosil yang berhasil ditemukan di kawasan Situs Patiayam, yakni Stegodon Trigonochepalus (gajah purba), Elephas Sp (juga sejenis gajah purba), Ceruss Zwaani dan Cervus Lydekkeri Martin (sejenis rusa), dan Rhinoceros Sondaicus (badak).

Kemudian ada temuan Brachygnatus Dubois (babi), Felis Sp (macan), Bos Bubalus Palaeokarabau (sejenis kerbau), dan Bos Banteng alaeosondaicus, serta Crocodilus sp (buaya) serta kapak genggam atau "chopper".

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA