Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Istana Era Bizantium di Turki akan Difungsikan Jadi Museum

Senin 17 Jun 2019 08:07 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah

Istana Bizantium Tekfur Sarayi

Istana Bizantium Tekfur Sarayi

Foto: Daily Sabah
Istana Bizantium tersebut juga pernah difungsikan sebagai pusat kesenian.

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL – Perbaikan istana era Bizantium di Kompleks Istana Blachernae, Istanbul Turki telah rampung. Rencananya istana itu akan difungsikan sebagai museum mulai Senin ini (17/6).  

Baca Juga

Kompleks bersejarah di wilayah Edirnekapi distrik Fatih itu akan menjadi tuan rumah kegiatan yang digelar sebuah organisasi bertajuk Istanbul Craft Week, dan setelah itu akan mulai berfungsi sebagai museum sebagaimana restorasi yang diprakarsai kota Metropolitan Istanbul (IBB) telah selesai. 

Selama pemerintahan Ottoman, istana itu juga berfungsi sebagai pusat seni dan kerajinan di mana berbagai seni dikerjakan dan menawarkan berbagai pelatihan termasuk pembuatan tembikar, kaca, dan seni genteng.

Di museum tersebut rencananya juga akan menampilkan replika tembikar, gelas, dan ubin yang dibuat pada era Ottoman.

“Museum akan menggunakan teknologi terbaru untuk menawarkan kepada pengunjung pengalaman berbeda dengan aplikasi interaktif dan digital, sementara hologram akan menjelaskan sejarah istana tembikar,” seperti dilansir Daily Sabah pada Ahad (16/6). 

Dikenal sebagai Tekfur Sarayi dalam bahasa Turki, yang berarti Istana Tuan Tanah Feodal karena dulunya istana tersebut milik kaisar Byzantium. Istana itu adalah satu-satunya bagian yang tersisa dari Istana Blachernae yang dibangun atas perintah Kaisar Theodosius Kedua. Istana itu digunakan antara abad ke-11 dan abad ke-15. 

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA