Tuesday, 22 Syawwal 1440 / 25 June 2019

Tuesday, 22 Syawwal 1440 / 25 June 2019

Dispar Bantul Siapkan Peta Wisata Melalui Website

Senin 20 May 2019 12:16 WIB

Red: Christiyaningsih

Wanawisata budaya Mataram Dlingo Bantul destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Kedua destinasi  yang banyak dikunjungi adalah pantai.di sepanjang pantai di Gunungkiduldan Taman Tebing Breksi.

Wanawisata budaya Mataram Dlingo Bantul destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Kedua destinasi yang banyak dikunjungi adalah pantai.di sepanjang pantai di Gunungkiduldan Taman Tebing Breksi.

Foto: dok. Istimewa
Dispar Bantul siapkan peta lokasi objek wisata mudahkan wisatawan selama Lebaran

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyiapkan peta lokasi-lokasi objek wisata melalui website. Langkah ini dilakukan sebagai panduan wisatawan yang berkunjung ke daerah ini pada libur Idul Fitri 1440 Hijriyah.

Baca Juga

"Saya kira kalau peta titik-titik lokasi wisata, kita Insya Allah ada di media sosial. Sudah sampaikan juga di web jelajah wisata Bantul," kata Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo di Bantul, Senin (20/5).

Menurut dia, wisatawan dari luar daerah atau pemudik yang akan berkunjung ke objek wisata Bantul bisa mengakses laman tersebut. Wisatawan nantinya dapat mengikuti rute yang ada dalam peta wisata tersebut.

"Kalau yang bersangkutan (wisawatan) juga mau membuka peta melalui Google Maps juga baik, tetapi di jelajah wisata Bantul juga tersedia titik-titik objek wisata kita," katanya.

Bahkan, dalam menghadapi libur Lebaran 2019 ini, melalui web Dispar berupaya menyajikan informasi mengenai kondisi kepadatan arus lalu lintas. Termasuk di dalamnya tercantum jalur alternatif menuju objek wisata.

"Yang perlu diupload itu, kami kerja sama dengan Dinas Perhubungan (Dishub), manakala jalur-jalur itu macet dan jalur alternatifnya dan ini akan kita sampaikan dalam rakor nanti," katanya.

Selain itu, website juga akan menyajikan informasi pengalihan arus lalu lintas di jalur-jalur mudik atau jalur wisata akibat kemacetan. Tujuannya agar pengendara bisa melalui jalur alternatif yang lebih lancar.

"Insya Allah sebelum Lebaran sudah bisa dilihat di web Bantul atau perhubungan. Bisa juga di pariwisata, agar wisatawan khususnya dari luar Bantul atau DIY ketika terjadi penumpukan arus, bisa ambil jalur alternatif yang direkomendasikan," kata Kwintarto.

Dia juga mengatakan jalur wisata Pantai Parangtritis akan diberlakukan rekayasa lalu lintas di setiap persimpangan jika dimungkinkan. Petugas rencananya akan memasang alat pemberi isyarat lalu lintas (APILL) guna memperlancar arus wisatawan saat libur Lebaran.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA