Tuesday, 16 Ramadhan 1440 / 21 May 2019

Tuesday, 16 Ramadhan 1440 / 21 May 2019

Venesia Terapkan Pantai Bebas Rokok Pertama di Italia

Rabu 15 May 2019 18:01 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Christiyaningsih

Pantai. Ilustrasi.

Pantai. Ilustrasi.

Foto: Blogspot
Pengunjung dilarang merokok di pantai Bibione yang punya panjang delapan kilometer

REPUBLIKA.CO.ID, VENESIA -- Resor tepi laut Bibione di Venesia akan menjadi pantai bebas asap rokok pertama di Italia musim panas ini. Ini adalah fase terakhir dari kampanye Breathe the sea air Bibione yang diluncurkan kembali pada 2011 dengan tujuan untuk membersihkan lingkungan dan udara.

Baca Juga

Bibione merupakan pantai yang populer di kalangan penduduk lokal dan wisatawan Eropa khususnya Jerman dan Austria. Alasan inilah yang menjadikan Bibione pantai pertama di Italia yang melarang merokok. Di sepanjang garis pantai sejauh delapan kilometer, tidak satu pun pengunjung diizinkan merokok.

Sebelum ini, larangan merokok sudah diterapkan antara garis pantai dan deretan pertama payung matahari. Larangan akan diperpanjang ke seluruh pantai pada musim panas ini.

Sebuah studi pada 2015 oleh Italian National Tumour Institute di Milan menyatakan di area pantai Bibione ditemukan asap bekas rokok dari jarak 10 meter. Jumlah asap tersebut sama dengan dua kali jumlah polusi udara yang ditemukan di bundaran dekat pintu masuk resor yang dihasilkan dari knalpot mobil.

Dikutip dari laman Star2, antara 2014 sampai 2018 sebanyak 550 ribu puntung rokok dikumpulkan dari pantai Bibione. Untuk diketahui, perlu waktu hingga satu dekade bagi rokok untuk terurai karena jenis plastik yang digunakan dalam filter.

Area merokok khusus akan tersedia untuk perokok di wilayah tersebut. Larangan merokok di Italia mengikuti langkah-langkah serupa yang sudah diterapkan di beberapa bagian Perancis, Amerika Serikat, Australia, dan Inggris.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA