Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Ocean Dream Samudra Ancol Kedatangan Penguin Humboldt

Senin 13 May 2019 08:19 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Christiyaningsih

Penguin humboldt di Ocean Dream Samudra Ancol

Penguin humboldt di Ocean Dream Samudra Ancol

Foto: Ancol
Gerombolan penguin humboldt menjadi penghuni baru Ocean Dream Samudra

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Destinasi wisata Ocean Dream Samudra (Samudra) di kawasan Ancol Taman Impian kedatangan gerombolan keluarga baru. Keluarga baru itu adalah penguin humboldt.

Penguin humboldt merupakan penguin yang berasal dari Amerika Selatan. Penguin-penguin ini biasa bersarang di pantai berbatu. Penguin humboldt merupakan satu dari tiga jenis penguin yang hidup di wilayah tropis dengan suhu sekitar 18-25 derajat Celcius.

Penguin humboldt memiliki tubuh berwarna hitam putih dan tinggi sekitar 56-70 sentimeter. Penguin ini juga memiliki ciri-ciri pola C berwarna putih yang terdapat di area kepala, mulai dari bekang mata lalu melingkar hingga ke leher.

Penguin humboldt bisa memiliki berat sebesar 3,6-5 kilogram. Makanan yang digemari penguin Humboldt adalah ikan tongkol, kembung, sarden kecil, dan cumi-cumi. Tingkah pola penguin Humboldt yang menggemaskan bisa dilihat di wahana Istana Penguin, Samudra. Wahana baru ini akan menjadi rumah bagi 11 ekor penguin Humboldt.

"Wahana Istana Penguin kami hadirkan untuk menambah kegembiraan libur lebaran dan sekolah tahun ini," ungkap Division Head Ocean Dream Samudra & Sea World Ancol Rika Sudranto dalam pernyataan resmi yang diterima Republika.

Di wahana ini, pengunjung tak hanya bisa menyaksikan secara langsung perilaku lucu para penguin humboldt. Pengunjung juga bisa berinteraksi dengan cara memberi makan secara langsung kepada para penguin humboldt.

Kunjungan ke wahana Istana Penguin tentu dapat menjadi hiburan dan edukasi yang menarik, khususnya bagi anak-anak. Terlebih, kedatangan para penguin humboldt ke Istana Penguin ini juga bertepatan dengan masa libur sekolah dan libur Lebaran yang semakin dekat.

Rika mengatakan para pengunjung bisa mempelajari bagaimana satwa dari keluarga aves ini hidup dan berkembang. Kehadiran wahana ini diharapkan dapat mendukung pelestarian dan keberlangsungan biota. "Salah satu misi kami sebagai lembaga konservasi untuk turut membantu keberlangsungan biota agar tetap lestari," ucap Rika.

Selain penguin, pengunjung juga bisa menemukan beragam hal menarik di dalam area Istana Penguin. Salah satu di antaranya adalah kolam interaktif atau touchpool. Kolam interaktif ini berisikan biota ikan dan penyu.

Tentunya pengunjung harus mematuhi panduan menyentuh biota tersebut dari petugas yang berada di lokasi. Tujuannya adalah agar biota-biota tersebut tetap nyaman dan tidak punah.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA