Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Perairan Moti Tawarkan Keindahan Bawah Laut

Kamis 25 Apr 2019 13:46 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Pulau Moti.

Pulau Moti.

Foto: antara
Festival Moti Verbond digelar 26-28 April untuk mempromosikan bawah laut Moti.

REPUBLIKA.CO.ID, TERNATE -- Perairan pulau Moti di kota Ternate, menawarkan keindahan panorma bawah laut kepada wisatawan. Pulau Moti terletak bagian Selatan kota Ternate, ibu kota provinsi Maluku Utara(Malut).

"Keindahan panorama bawah laut di perairan pulau Moti tidak hanya dari segi kondisi terumbu karangnya yang umumnya masih baik, tetapi juga dari segi keragaman jenis ikannya," kata tokoh masyarakat dari pulau Moti, Isra.

Sedikitnya ada delapan titik di perairan pulau Moti yang memiliki keindahan panorama bawah laut. Jenis ikan yang bisa disaksikan di antaranya ikan hiu yang masyarakat setempat menyebutnya ikan hiu tuan tanah.

Ia mengharapkan penyelenggaraan Festival Moti Verbond di Moti pada 26-28 April 2019 menjadi momentum lebih memperkenalkan potensi keindahan panorama bawah laut perairan pulau Moti kepada masyarakat luas yang pada gilirannya akan mendorong wisatawan berkunjung ke daerah itu.

Para pemandu wisata di Ternate diharapkan untuk berperan menginformasikan keindahan panorama bawah laut Pulau Moti kepada wisatawan yang mereka temani saat berkunjung di Ternate. Bahkan, kalau memungkinkan langsung mengantarnya berkunjung ke Pulau Moti.

Pemkot Ternate dan pihak terkait lainnya, kata Isra, harus membangun berbagai infrastruktur penunjang di Pulau Moti, khususnya yang terkait dengan pariwisata karena wisatawan biasanya enggan berkunjung ke suatu daerah kalau infrastrukturnya terbatas.

Infrastruktur yang mendesak dibenahi di pulau Moti diantaranya pelayanan listirk selama 24 jam. Saat ini listrik baru menyala malam hari. Selain itu jaringan internet dan akses transportasi.

Ia menambahkan, masih banyak objek wisata menarik yang bisa disaksikan saat berkunjung ke Pulau Moti, seperti objek wisata sejarah berupa benteng, wisata alam berupa hutan bakau dan berbagai produk ekonomi kreatif yang sangat khas. Pulau Moti bisa dijangkau dari Ternate menggunakan transportasi laut berupa kapal feri dua kali seminggu dan speed boat setiap hari yang umumnya berangkat dari Ternate pada pagi hari.

Baca Juga

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA