Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Panduan Olahraga Saat Hamil

Kamis 18 Apr 2019 17:09 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Senam hamil

Senam hamil

Foto: dok Republika
Ibu hamil juga tetap perlu berolahraga.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Selama masa kehamilan, ibu perlu mempertahankan gaya hidup aktif. Ibu hamil butuh berolahraga agar tetap bugar.

Menurut dr Setya Dian Kartika SpOG, olahraga juga bisa membantu mengurangi risiko nyeri punggung bawah pada ibu hamil. Berbagai dampak positif lainnya juga bisa dirasakan oleh ibu yang tengah mengandung.

Kendati demikian, Setya mengingatkan bahwa tidak semua aktivitas olahraga cocok untuk ibu hamil. Jenis olahraganya mesti disesuaikan dengan kondisi tubuh.

"Dengan demikian penting untuk memastikan dengan baik olahraga yang tepat bagi ibu yang sedang mengandung, olahraga santai misalkan jalan sore, senam khusus ibu hamil, atau gerakan yoga yang khusus untuk kehamilan bisa menjadi pilihan," kata dokter spesialis kebidanan dan kandungan dari RSUD Prof Dr Margono Soekarjo Purwokerto, Jawa Tengah, Kamis.

Para ibu hamil, menurut Setya, bisa mengikuti kelas olahraga khusus yang pada saat ini telah banyak ditawarkan di berbagai fasilitas kesehatan terdekat. Senam hamil, contohnya.

"Yang penting untuk diingat adalah ibu hamil jangan melakukan aktivitas fisik secara berlebihan, misalkan memberi batas waktu olahraga per sesi, karena harus disesuaikan dengan kondisi kehamilan," katanya.

Selain itu, ibu hamil perlu menunda melakukan aktivitas fisik jika kondisinya tidak memungkinkan. Ibu hamil juga harus memerhatikan asupan air putih yang mencukupi untuk menghindari dehidrasi.

"Ibu hamil perlu memerhatikan asupan air minum selama berolahraga," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA