Rabu, 23 Syawwal 1440 / 26 Juni 2019

Rabu, 23 Syawwal 1440 / 26 Juni 2019

The Gade Village Dorong Desa Wisata Berstandar Internasional

Selasa 04 Sep 2018 08:18 WIB

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Esthi Maharani

Wisatawan mengunjungi Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Selasa (29/5).

Wisatawan mengunjungi Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Selasa (29/5).

Foto: Antara/Andreas Fitri Atmoko
Diharapkan The Gade Village dapat menjadi wadah pendukung pengembangan perekonomian

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG -- Balai Perekonomian Desa (Balkondes) dan Homestay 'The Gade Village' yang berlokasi di Desa Ngargogondo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, diresmikan, Senin (3/9). The Gade Village tersebut didirikan untuk mendorong peningkatan kualitas pelayanan desa wisata yang berstandar internasional di kawasan Candi Borobudur dan merupakan bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) PT Pegadaian (Persero).

Direktur Utama Pegadaian, Sunarso mengungkapkan, tujuan The Gade Village dibangun tak lain untuk pengembangan perekonomian masyarakat setempat melalui pemberdayaan kegiatan ekonomi UMKM. Sehingga, dapat memberikan kontribusi yang besar dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

"Melalui The Gade Village ini, Pegadaian dapat membantu pemberdayaan ekonomi masyarakat baik untuk usia produktif, anak-anak sekolah hingga lanjut usia. Karena trend desa wisata memainkan peran penting sebagai kekuatan soft power Indonesia," kata Sunarso di Balkondes dan Homestay The Gade Village PT Pegadaian, Desa Ngargogondo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Senin (3/9).

Dengan adanya The Gade Village tersebut, ia berharap agar pariwisata di sekitar Candi Borobudur semakin ramai dikunjungi. Tentunya dengan mengangkat kearifan lokal, sehingga bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

"Diharapkan The Gade Village dapat menjadi wadah pendukung pengembangan perekonomian melalui eksplorasi seni budaya dan sektor pariwisata," tambahnya.

Sementara itu, Staf Khusus II Menteri BUMN, Judith Jubiliana Navarro Dipodiputro merasa bangga dengan berdirinya The Gade Village tersebut. Sebab, pembangunannya melibatkan masyarakat setempat.

"Saya bangga bahwa Balkondes The Gade Village ini mulai dari inisiatif dan perancangan sampai berdiri dilaksanakan secara gotong-royong dengan masyarakat. Di sana terlihat bahwa masyarakat mampu membangun tempat yang sangat aktual bagi wisatawan yang ada," kata Judith.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA