Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Menjajal Bus Wisata Gratis Keliling Padang, Seperti Apa?

Ahad 08 Apr 2018 17:24 WIB

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Ani Nursalikah

Pemkot Padang menyediakan fasilitas bus 'City Tour' gratis bagi wisatawan. Sejumlah destinasi wisata akan dilalui bus ini, termasuk Pantai Padang, Gunung Padang, Pantai Air Manis, hingga Masjid Raya Sumbar.

Pemkot Padang menyediakan fasilitas bus

Foto:
Program ini menjawab banyaknya keluhan wisatawan soal minimnya transportasi umum.

Meski begitu, Romel juga menyampaikan beberapa masukan bagi Pemkot terkait operasional bus 'City Tour' ini. Menurutnya, lebih baik jumlah armada bus ditambah untuk mengurangi waktu tunggu wisatawan.

Selain itu, ia juga menyarankan pemerintah menyediakan karcis bagi penumpang. Meski gratis, menurutnya, karcis bisa berfungsi sebagai alat rekam jumlah penumpang yang akurat. Data yang didapat bisa digunakan Pemkot Padang untuk mengevaluasi program bus gratis ini.

"Bagi pemandu, sebaiknya baca catatan saja. Supaya yang disampaikan jelas dan mudah dipahami. Tapi karena ini baru berjalan dua pekan saya pikir sudah bagus," kata Romel.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang, Medi Iswandi, menyebutkan program ini dijalankan untuk menjawab banyaknya keluhan wisatawan mengenai minimnya transportasi umum menuju Pantai Air Manis dan Gunung Padang. Dengan adanya bus gratis ini, wisatawan yang menginap di hotel tinggal menuju titik-titik pemberhentian terdekat untuk ikut perjalanan keliling kota.

Selain memberikan solusi mengenai moda transportasi, bus 'City Tour' ini juga diharapkan mampu menekan jumlah parkir kendaraan pribadi di beberapa lokasi wisata. Medi menilai, keberadaan parkir kendaraan pribadi cenderung memancing praktik pungutan liar (pungli) oleh oknum yang tak bertanggung jawab.

Ia berharap, pungli bisa ditekan dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui karcis resmi bisa meningkat seiring bertambahnya minat wisatawan. Pemkot Padang mencatat, PAD Kota Padang dari sektor wisata sepanjang kuartal I sudah naik 200 persen.

"Di Sumatra kita pertama. Jakarta, Solo semuanya sudah duluan. Tahun ini dicoba dulu, kalau memang animo bagus ya kami tambah (jumlah armadanya)," jelas Medi.

Untuk menambah minat masyarakat, Pemkot Padang berencana memasang papan informasi yang berisi jadwal keberangkatan bus 'City Tour' di setiap titik pemberhentian. Promosi juga dilakukan Pemkot Padang melalui media sosial.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA