Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

TripAdvisor akan Tandai Penginapan dengan Sejarah Pelecehan

Kamis 16 Nov 2017 06:50 WIB

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Gita Amanda

Salah satu hotel mendapat peringatan TripAdvisor.

Salah satu hotel mendapat peringatan TripAdvisor.

Foto: TripAdvisor

REPUBLIKA.CO.ID, Laman layanan wisata TripAdvisor meluncurkan fitur baru yang akan memungkinkan penggunanya mengidentifikasi hotel atau resor yang memiliki sejarah terjadinya serangan seksual. Langkah TripAdvisor ini diambil menanggapi komentar sejumlah ahli perjalanan tentang pentingnya peringatan pada pengguna akan masalah tersebut.

TripAdvisor akan menambahkan sebuah simbol di bagian ulasan hotel atau resor sebagai tanda atau identifikasi bahwa tempat itu pernah memiliki sejarah penyerangan seksual dan mungkin memiliki masalah lainnya. Juru bicara TripAdvisor, Kevin Carter, menyatakan peringatan tersebut diberlakukan untuk mengidentifikasi masalah terkait kesehatan, keselamatan, dan diskriminasi di semua kategori perjalanan di laman TripAdvisor.
 
"TripAdvisor akan terus memasang tanda tersebut pada situs mereka hingga tiga bulan. Jika masalah berlanjut, maka durasinya juga akan diperpanjang. Tanda tersebut dipasang sebagai bahan informasi bukan sebuah hukuman," ucap Kevin seperti dilansir laman The Debrief beberapa waktu lalu.
 
Langkah TripAdvisor ini dilakukan setelah sebelumnya mereka mengajukan permintaan maaf di hadapan publik atas kasus yang menimpa Kristie Love (35 tahun), asal Dallas. The Milwaukee Journal Senital melaporkan bahwa Love telah berulang kali melaporkan kasus pemerkosaan terhadap dirinya oleh satpam di resor Paraiso Maya di fitur ulasan TripAdvisor sejak 2010. Namun selama itu pula TripAdvisor menghapus komentar Love.
 
TripAdvisor menyatakan hal tersebut bertentangan dengan kebijakan mereka yang hanya mengizinkan bahasa "ramah-keluarga" di kolom ulasannya. Seorang tamu tetap yang tinggal di resor yang sama juga menyatakan kepada The Journal Sentinel bahwa dia juga mencoba untuk menulis tentang serangan seksual yang terjadi, namun akhirnya menyerah saat TripAdvisor mengatakan bahwa ulasannya tidak berasal dari pengalaman pribadinya.
 
Playa del Carmen yang terletak di wilayah Meksiko memiliki tiga resor yang ditandai oleh TripAdvisor. Tiga resor tersebut adalah Grand Velas Riviera Maya, Iberostar Paraiso Maya, dan Iberostar Lindo. Setiap resor tersebut telah menerima ribuan ulasan dari pengguna TripAdvisor.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA