Sunday, 20 Rabiul Awwal 1441 / 17 November 2019

Sunday, 20 Rabiul Awwal 1441 / 17 November 2019

Machu Picchu Terpilih Sebagai Situs Favorit Turis Dunia

Rabu 18 May 2016 08:26 WIB

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari

Pemandangan Machu Picchu dari atas bukit. Situs kuno ini pertama dibangun pada tahun 1450.

Pemandangan Machu Picchu dari atas bukit. Situs kuno ini pertama dibangun pada tahun 1450.

Foto: EPA

REPUBLIKA.CO.ID, Machu Picchu merupakan situs kuno yang indah dan diluputi oleh berbagai mitos yang menggelitik rasa penasaran. Pesona tersebut berhasil membuat situs ini menyandang gelar sebagai objek wisata paling difavoritkan turis dunia menurut TripAdvisor.

Setelah sebelumnya harus puas menduduki peringkat kedua, satu peringkat di bawah Angkor Wat, kini Machu Picchu berhasil merebut posisi pertama dalam 'Traveler's Choice Landmarks Awards 2016'. Posisi yang sama juga sempat diraih Machu Picchu pada 2014 lalu.

Situs bersejarah ini menjulang setinggi 2.430 meter di atas permukaan laut dengan pesona yang tak tergantikan. Machu Picchu pun disebut oleh Unesco World Heritage Site pada 1983 sebagai situs yang menawarkan perjalanan ziarah yang sangat menginspirasi.

Sayangnya, kepopuleran Machu Picchu yang mengundang perhatian banyak turis ini menghadapi ancaman. Banyaknya jumlah turis yang datang membuat situs ini berisiko mengalami kerusakan permanen dan penurunan kondisi.

Untuk menghindari kerusakan tersebut, petugas harus harus membatasi jumlah turis yang akan melalui Jejak Inca, jalan setapak peninggalan suku Inca yang menjadi bagian dari Machu Picchu. Dalam satu hari, petugas hanya mengizinkan sebanyak 2.500 turis saja yang boleh melaluinya.

TripAdvisor menganugerahi gelar 'Traveler's Choice Landmarks 2016' kepada Machu Picchu setelah mempertimbangkan kualitas dan kuantitas dari ulasan dan rating yang diberikan para turis untuk situs tersebut. Proses perhitungan dengan alogaritma tersebut dilakukan selama satu tahun penuh.

Berikut ini ialah daftar 10 besar objek wisata terfavorit dunia menurut para member TripAdvisor seperti dilansir The Malay Mail Online.

1. Machu Picchu, Peru
2. Sheikh Zayed Grand Mosque Center, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab
3. Angkor Wat, Siem Reap, Kamboja
4. St. Peter's Basilica, Vatikan
5. Taj Mahal, Agra, India
6. Mosque-Cathedral of Cordoba, Cordoba, Spanyol
7. Church of the Savior on Spilt Blood, St. Petersburg, Russia
8. The Alhambra, Granada, Spanyol
9. Lincoln Memorial Reflecting Pool, Washington DC
10. Milan Cathedral (Duomo), Milan, Italia

(baca: Tarik Wisatawan, Bandara Wakatobi Kini Tampil Lebih Modern)

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA