Kamis, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 Desember 2019

Kamis, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 Desember 2019

Berpetualang ke Pulau Kembaran Planet Mars

Jumat 18 Sep 2015 10:27 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indah Wulandari

Kawah Haughton di Pulau Devon

Kawah Haughton di Pulau Devon

Foto: pixcooler

REPUBLIKA.CO.ID,DEVON -- Planet Mars berjarak 140 juta mil dari bumi. Jika ingin ke sana, Anda harus membayar mahal untuk menyewa kapal luar angkasa.

Jika tak bisa ke Mars, minimal Anda bisa datang ke sebuah kawasan yang disebut-sebut sebagai kembarannya, Pulau Devon. Peneliti dunia menyebutnya dengan Mars Analog, berlokasi di Canadian Arktik, Greenland. Pulau ini sampai sekarang tak berpenghuni karena satu alasan.

Pulau Devon adalah padang tandus seluas 21 ribu mil persegi. Daratannya berupa bebatuan dan sebagian es. Pada 1930-an, Suku Inuit masih menghuni pulau ini. Pada 1950-an, Pulau Devon benar-benar ditinggalkan.

Dilansir dari Mother Nature Network, Jumat (18/9), Pulau Devon saat ini dijadikan tempat wisata para pemimpi yang ingin ke Mars. Jika Anda ingin merasakan sensasi berada di Planet Merah, jika Anda tak sabar menunggu film Matt Damon 'the Mars' Oktober nanti, silakan datang ke sini.

Secara topografi, Pulau Devon mungkin mirip dengan Mars. Perbedaannya? Jika di Mars Anda tak bisa bernapas bebas, di Devon Anda tetap menghirup oksigen seperti biasa. Jika di Mars gravitasi kurang, maka di Devon Anda tetap bisa melangkah dan berpijak seperti biasa.

"Permukaan Pulau Devon memiliki banyak lembah dan parit kecil seperti yang ada di Mars," kata Pascal Lee dari SETI Institute.

Sejak 2000, di Pulau Devon berdiri stasiun penelitian dua lantai bernama Flashline Mars Arctic Research Station (FMARS). Pulau ini benar-benar digunakan untuk simulasi penelitian di Mars. Selain Devon, ada juga sebuah lokasi di Utah yang suasananya mirip di Mars.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA