Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Lomba Film Pendek Pesona Java Jadi Ajang Promosi Wisata

Ahad 06 Sep 2015 16:56 WIB

Rep: C97/ Red: Winda Destiana Putri

Proses pembuatan film pendek menggunakan N8

Proses pembuatan film pendek menggunakan N8

Foto: Nokia Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Lomba film pendek bertajuk Pesona Java digelar sebagai ajang promosi pariwisata Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Agenda yang digelar atas kerja sama Java Promo dan Insanwisata ini diselenggarakan sejak tanggal 1 September sampai 10 Oktober 2015.

"Lomba film ini diselenggarakan dalam rangka mengenalkan potensi wisata yang tersebar di kabupaten dan kota Jawa Tengah, juga Yogyakarta. Lomba ini terbuka untuk umum," kata Sekretaris Java Promo, AA Ayu Laksmidewi, Ahad (6/9). Menurutnya akan ada banyak pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan lomba film java promo.

Sebab ajang ini ditujukan untuk meningkatkan kreativitas masyarakat. Khususnya insan multimedia dan audio visual. Ayu yang juga Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Sleman itu berharap pemanfaataan media sebagai sarana promosi pariwisata akan semakin berkembang dengan optimal.

"Syarat untuk mengikuti lomba ini adalah mengisi formulir pendaftaran yang dapat diunduh dari website http://www.insanwisata.com," tambah Ayu. Film pendek yang dilombakan harus berdurasi minimal 3 menit dan maksimal 10 menit. Lalu diunggah pada selama masa pendaftaran.

Adapun tempat pengambilan film Java Promo terdiri dari 16 kabupaten dan kota Jawa Tengah dan DIY. Antara lain Kabupaten Sleman, Bantul, Gunungkidul, Kulon Progo, Kota Yogyakarta, Kabupaten Klaten, Karanganyar, Boyolali, Kabupaten dan Kota Magelang, Kabupaten Temanggung, Wonosobo, Banjarnegara, Purworejo, Kebumen serta Kabupaten Semarang.

"Dalam lomba ini setiap peserta bebas untuk memilih berbagai destinasi wisata di masing-masing kabupaten dan kota anggota Java Promo tersebut," kata Ayu. Juri yang dihadirkan dalam lomba ini adalah juri-juri profesional. Di antaranya Videografer Lostpacker.com Sutikno Tekno Bolang, Cinematografer dan  Direktur Epic Java Film – Embara Films Febian Saktinegara dan dari Insanwisata.

Dalam lomba ini akan dipilih tiga pemenang dan dua film favorit. Masing-masing mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan, trophy dan piagam. Juara satu memperoleh Rp 4 juta, Juara dua Rp 3 Juta, Juara tiga Rp 2 Juta, dan dua film favorit masing-masing mendapatkan Rp 1 juta. Pemenang lomba akan diumumkan pada tanggal 17 Oktober 2015.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA