Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Pemkot Medan Kejar Target 'Green City'

Senin 23 Dec 2013 02:08 WIB

Red: Julkifli Marbun

Angkot warna kuning di Kota Medan, Sumatera Utara.

Angkot warna kuning di Kota Medan, Sumatera Utara.

Foto: www.citizenjurnalism.com

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Dinas Pertamanan Kota Medan melakukan penanaman pohon di Lapangan Merdeka dan Taman Ahmad Yani Medan yang digelar, Ahad, dalam rangka percepatan guna mewujudkan Medan menuju "Green City".

Jenis pohon yang ditanam ada dua yaitu pohon penghijauan dan pohon produktif seperti mangga dan jambu bol. Untuk Lapangan Merdeka, jumlah pohon yang ditanam sebanyak 250 batang, sedangkan Taman Ahmad Yani sebanyak 59 batang.

Pelaksana tugas Wali Kota Medan Dzulmi Eldin menyambut baik dan mendukung penuh upaya penghijauan yang digagas Dinas Pertanaman, sebab, penanam pohon merupakan kegiatan yang sangat positif dalam upaya melestarikan lingkungan sekaligus menjadikan Medan sebagai green city.

Untuk itu Eldin mengajak seluruh pimpinan SKPD supaya melakukan penghijauan yang dimulai dari wilayah unit kerjanya masing-masing, karena jika semua unit kerja melakukan penghijauan, ia optimistis akan memotivasi masyarakat melakukan hal sama.

"Bagaimana masyarakat tergerak hatinya melakukan penghijauan, sedangkan aparatur pemerintah dilihatnya tidak peduli sama sekali dengan penghijauan. Artinya, mari kita mulai penghijauan dari dalam diri kita masing-masing," ungkapnya.

Selain untuk paru-paru kota, kata Eldin, penghijauan penting guna mencegah erosi maupun banjir. Karena itulah penghijauan harus terus dilakukan, terutama di kawasan bantaran sungai, apalagi memang belakangan ini pohon-pohon di kawasan bantaran sungai banyak yang telah ditebang guna dijadikan pemukiman warga.

"Jadi mari terus kita giatkan budaya menanam pohon, terutama di kawasan bantaran sungai sehingga kota yang sama-sama kita cintai ini menjadi hijau dan jauh dari banjir," katanya.

Sementara itu Kadis Pertamanan Kota Medan Ir Zulkifli Sitepu mengatakan, penanaman pohon ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Ibu 2013 sekaligus upaya percepatan menjadikan Medan sebagai green city, ditambah lagi jika dilihat dari ruang terbuka hijau, kota itu belum seperti yang diharapkan seperti yang telah diamanahkan dalam Undang Undang Tata Ruang.

Zulkifli menjelaskan, penanaman pohon di Lapangan Merdeka disebar di empat titik sebanyak 250 pohon. Untuk sisi timur, pohon yang ditanam jenis glodokan tiang, sisi utara, pohon yang ditanam cenderung pohon-pohon produktif yang berbuah seperti mangga dan jambul bol.

Selanjutnya sisi barat , pohon yang ditanam jenis tambuya dan terakhir untuk sisi selatan, terutama di seputar kawan children play group (CPG), pohon yang ditanam jenis penghijauan.

Selain melakukan penghijauan, Zulkifli mengungkapkan pihaknya kini telah membuat fasilitas CPG di sejumlah lapangan seperti Lapangan Merdeka, Taman Ahmad Yani dan Lapangan Gajahmada Medan, yang dilakukan sesuai petunjuk Wali kota Medan untuk mendukung sekaligus menyahuti Medan sebagai kota layak anak.

"Kini hampir di seluruh taman yang dikelola Dinas Pertamanan Kota Medan telah dilengkapi dengan fasilitas CPG. Selanjutnya untuk tahun 2014, semua lapangan untuk tempat rekreasi maupun olahraga yang dikelola Dinas Pertamanan Kota Medan akan dilengkapi dengan mushola. Selain berekreasi dan berolahraga, warga pun dapat beribadah dengan aman, nyaman dan khusuk," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA