Selasa, 16 Safar 1441 / 15 Oktober 2019

Selasa, 16 Safar 1441 / 15 Oktober 2019

Tip Hindari Pencurian Koper Saat Usai Mudik

Kamis 21 Jun 2018 17:04 WIB

Rep: Novita Intan/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

 Para pemudik terus berdatangan di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, Rabu (21/6).

Para pemudik terus berdatangan di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, Rabu (21/6).

Foto: Republika/Edi Yusuf
Membawa barang dan uang sesuai kebutuhan menjadi salah satu tip menghindari pencurian

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kini masyarakat tengah memasuki puncak arus balik mudik Lebaran. Dengan tingginya arus balik pemudik, jangan sampai lengah dengan barang-barang bawaan. 

Apalagi dengan adanya pencurian koper yang beberapa waktu lalu terjadi, mungkin ada beberapa dari kamu yang memiliki rasa khawatir akan keamanan barang-barang bawaan. Namun, peristiwa seperti pencurian koper ini dapat dihindari dengan melakukan langkah-langkah antisipasi yang tepat. 

Berdasarkan siaran pers yang diterima Republika.co.id, Jakarta, Kamis (21/6), berikut enam tip dari Zurich Tranvel Insurance yang dapat diikuti untuk menghindari pencurian selama perjalanan, antara lain:

 

Perhatikan barang bawaan

Baik itu di bandara, stasiun kereta api, selama dalam perjalanan, maupun ketika sampai di destinasi, pastikan barang bawaanmu selalu berada di bawah pengawasan. Jangan tinggalkan barang sembarangan tanpa ada orang yang dipercaya mengawasi, dan selalu waspada apabila ada orang asing yang menawarkan untuk membantu membawakan barang.

 

Bawa barang sesuai kebutuhan

Bawalah barang-barang yang sesuai dengan kebutuhan kamu saja, tidak berlebihan maupun kekurangan. Hindari membawa barang-barang berharga yang tidak terlalu diperlukan selama perjalanan. 

Sementara untuk barang berharga seperti gawai, pastikan mereka disimpan dengan aman. Pastika pula posisi penempatannya dalam tas tidak mudah diambil oleh pencuri. 

 

Bawa uang sesuai kebutuhan

Jangan bawa uang terlalu banyak untuk mengurangi risiko kerugian apabila terjadi pencurian. Selain itu, jangan bawa uang terlalu sedikit untuk mengantisipasi keadaan darurat. Buatlah rencana pengeluaran selama perjalanan. Pastikan kamu membawa uang sesuai dengan kebutuhan yang telah diperhitungkan. 

Apabila ingin menyimpan uang tunai di dalam tas, pastikan ditempatkan di posisi yang aman dan tidak mudah dijangkau oleh pencuri atau pencopet. Selain itu, sebaiknya jangan simpan uang tunai di dalam tas dalam jumlah yang terlalu banyak.

 

Amankan dokumen penting

Sebelum berangkat maupun pulang, pastikan dokumen-dokumen penting yang berhubungan dengan perjalanan ada bersamamu. Apabila kamu bepergian ke luar negeri, jangan sampai paspormu tertinggal. Selain itu, sebaiknya kamu siapkan fotokopi paspormu untuk berjaga-jaga apabila hal yang tidak diinginkan seperti kehilangan terjadi. 

Dokumen penting lainnya yang harus kamu pastikan sudah tersedia adalah bukti pembelian tiket pesawat atau kereta api atau moda transportasi lainnya serta penginapan. Simpanlah dokumen-dokumen ini di tempat yang aman dan mudah terjangkau olehmu.

 

Simpan bukti nomor tas yang masuk bagasi

Apabila kamu naik pesawat, pastikan tidak membuang bukti nomor tas yang masuk ke dalam bagasi selama belum mengambilnya lagi di bandara tujuan. Bukti tersebut penting untuk kamu simpan, terutama untuk berjaga-jaga apabila kamu mengalami kehilangan barang bawaan di bagasi. Dengan nomor bukti tersebut, kamu akan lebih mudah untuk melakukan klaim atas barang yang hilang.

 

Siapkan asuransi perjalanan

Asuransi perjalanan bukan saja menanggung risiko-risiko seperti sakit dan kecelakaan selama perjalanan, melainkan juga risiko lain seperti kehilangan atau pencurian barang bawaan dan barang berharga lainnya, hingga penundaan atau pembatalan jadwal perjalanan. Memiliki asuransi perjalanan membantu kamu agar tidak panik ketika terjadi pencurian bagasi pesawat seperti yang baru-baru ini terjadi. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA