Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Snorkeling Aktivitas Favorit di Gili Ketapang

Sabtu 11 Nov 2017 10:24 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Snorkeling (ilustrasi).

Snorkeling (ilustrasi).

Foto: balicheaphotels.net

REPUBLIKA.CO.ID, PROBOLINGGO -- Aktivitas snorkeling menjadi kegiatan favorit yang diminati wisatawan saat berkunjung ke pulau kecil yang berada antara Pulau Jawa dengan Pulau Madura, yakni Gili Ketapang di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

"Keindahan panorama bawah laut di Pulau Gili Ketapang sangat menakjubkan dan snorkeling menjadi aktivitas yang sangat seru dilakukan," kata salah seorang wisatawan asal Surabaya Hamidah Lestari di Probolinggo, Sabtu (11/11).

Menurutnya keindahan alam yang disuguhkan Pulau Gili Ketapang yang berada di Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, sangat memesona akan kekayaan alam bawah laut dan tak kalah indahnya dengan dengan Pulau Gili di Lombok.

"Hamparan pasir putih yang luas dengan birunya air laut serta ombak pantai yang cukup tenang membuat wisatawan semakin betah untuk berlama-lama dengan kegiatan snorkeling," tuturnya.

Karyawan swasta itu bersama enam temannya sengaja memilih liburan di Pulau Gili Ketapang karena lokasinya yang tidak terlalu jauh dengan Kota Surabaya, sehingga bisa menikmati keindahan pulau tersebut tanpa harus mengeluarkan biaya yang tinggi.

Objek wisata bahari Pantai Gili Ketapang dikelola oleh kelompok pemuda desa setempat di bawah naungan Pemerintah Kecamatan Sumberasih yang dibuka secara resmi pada tahun 2016 untuk mendongkrak perekonomian masyarakat yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan.

"Kami berusaha mengenalkan Pulau Gili Ketapang kepada masyarakat luas tentang keindahan alam di bawah laut, bahwa pulau tersebut bukan hanya sebagai pulau sampah atau pulau kambing (banyak warga yang memelihara kambing)," kata pengelola wisata Lailul Marom.

Di Pulau Gili Ketapang, lanjut dia, masyarakat bisa menikmati keindahan alam pulau tersebut dan bagi pecinta snorkeling bisa melihat pesona berbagai karang laut dan ikan hias warna-warni yang sangat cantik.

"Pihak pengelola juga ingin mengajak masyarakat untuk tidak merusak terumbu karang dan keanekaragaman hayati, sehingga ekosistem laut dapat terpelihara dengan baik dan menjadi destinasi wisata bahari yang dapat memikat wisatawan," ujarnya.

Selain menikmati keindahan bawah laut, di Pulau Gili memiliki wisata sejarah yakni Goa Kucing yang berbentuk rumah dengan goa didalam nya yang merupakan makam salah seorang ulama yakni Syech Ishap yang memiliki peran penting dalam penyebaran agama Islam di sana.

Pulau Gili Ketapang secara administratif berada di Desa Ketapang, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo dan lokasi destinasi wisata tersebut berjarak sektar 8 kilometer dari lepas pantai utara Kota Probolinggo atau sekitar 5 mil dari Pelabuhan Tanjung Tembaga Kota Probolinggo.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA