Tuesday, 14 Safar 1443 / 21 September 2021

Tuesday, 14 Safar 1443 / 21 September 2021

Wanita Ini Sukses Memperkenalkan Warteg di Korea Selatan

Senin 28 Mar 2016 15:13 WIB

Rep: MGROL60 / Red: Andi Nur Aminah

Yannie Kim bersama Presiden Joko Widodo

Yannie Kim bersama Presiden Joko Widodo

Foto: Facebook

REPUBLIKA.CO.ID, Mencari warung tegal (warteg) di Korea Selatan? Bukan hal yang mustahil. Ya, di salah satu sudut Kota Busan, sebuah warteg yang oleh pemilikinya dinamai Warteg Gembul bisa ditemui di sana. 

Pendiri warteg itu adalag Yannie Kim, seorang wanita asal Indonesia yang sudah menetap di Korea selama 16 tahun. 

Yannie Kim tidak akan melupakan tanah kelahirannya. Meski pun telah menikah dengan seorang pria Korea, Yannie kemudian membuka usaha di Korea. Rumah makan yang ia namai Warteg Gembul ini terletak di Gimhae, Busan, Korea Selatan.

Wanita kelahiran 1979 yang sempat bikin heboh natizen karena berakting bersama aktor Jo Won di drama Yongpal ini berharap tidak hanya makanan Korea seperti kimchi atau bibimbap saja yang terkenal di Indonesia. Dia juga ingin makanan tradisonal Indonesia yang biasa kita sebut warteg itu bisa dikenal dan disukai di Korea.

"Ya, makan di Warteg, eng ing eng... Kalau di Indonesia bisa booming makanan Korea seperti kimci di Korea juga pasti bisa dong booming rendang dan nasi goreng. Sekali-kali yang namanya warteg boleh dong go internasional," tulis wanita bernama asli Mustafa Yani ini akun Instagramnya.

Makanan Indonesia yang bisa dicicipi di warteg Gembul antara lain ketoprak, tumis buncis bakso, tahu isi, ayam bakar, pepes tahu teri, nasi rames, sate kambing dan nasi goreng spesial. Para pemasaknya pun adalah koki-koki asli Indonesia yang sedang berkerja atau berkuliah di Korea.

Yani kini menikah dengan mualaf Korea. Dia sendiri seroang Muslim dan kini memiliki dua anak putri, SooBin dan EunBi. Ia kini menetap di Busan, dan berkerja di divisi Human Resources Development (HRD) Service of Korea sebagai penerjemah sekaligus konsultan untuk para pekerja asing.

Baru-baru ini, saat Presiden Joko Widodo melakukan lawatan ke Korea Selatan, dia berkesempatan bertemu langsung dan menyampaikan perkembangan warga Korea yang ada di sana. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA