Thursday, 15 Zulqaidah 1440 / 18 July 2019

Thursday, 15 Zulqaidah 1440 / 18 July 2019

Ini Perbedaan Mesin Cuci Bukaan Depan dan Atas

Selasa 18 Jun 2019 13:15 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Christiyaningsih

Mesin cuci (ilustrasi)

Mesin cuci (ilustrasi)

Foto: safebee
Mesin cuci menjadi barang elektronik yang penting dalam kehidupan rumah tangga

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mesin cuci menjadi barang elektronik yang penting dalam kehidupan rumah tangga. Beberapa tahun terakhir, mesin cuci mengalami peningkatan teknologi. Pada dasarnya mesin cuci terbagi menjadi dua yakni mesin cuci bukaan depan (front loading) dan bukaan atas (top loading).

 

Baca Juga

Dalam pengujian Good Housekeeping Institute seperti yang dilansir laman Good Housekeeping, kedua mesin cuci tersebut sangat bersih mencuci pakaian sehingga mungkin pengguna tidak akan melihat perbedaannya. Meski begitu, top dan front loading tetap memiliki perbedaan.

Mesin cuci bukaan depan adalah mesin cuci yanng paling hemat energi karena menggunakan sedikit air dalam proses kerjanya. Pakaian dibersihkan ketika masuk dalam air yang ditambahkan oleh mesin.

Pintu mesin cuci di bagian depan dengan mudah bisa dilewati oleh benda-benda besar seperti selimut dan kantong tidur. Tetapi barang-barang tersebut harus dilipat untuk dimasukkan atau dikeluarkan dari mesin cuci.

 

Mesin cuci front loading dapat ditumpuk dengan pengering dan ditempatkan di lemari, kamar mandi, atau area sempit yang tersedia air, koneksi listrik, dan ventilasi. Perlu diingat air sering tergenang di pintu dispenser dan drum mesin cuci.

Kondisi itu akan menyebabkan bau dan tumbuh jamur. Jika memilih mesin cuci front loading, pengguna harus rajin membersihkan gasket dan dispenser. Pintu mesin cuci sebaiknya dibiarkan terbuka sehingga drum mengering dan tidak menimbulkan bau.

Mesin cuci bukaan atas adalah pilihan terbaik bagi pengguna yang menyukai konfigurasi tradisional. Model terbaru memberikan kinerja pembersihan yang sangat baik dan memiliki tempat luas untuk beban cucian yang ekstra besar. Mesin cuci ini hemat energi meskipun mereka menggunakan sedikit lebih banyak air daripada front loading.

Mesin cuci itu memiliki dengan atau tanpa agitator tengah. Mesin cuci bukaan atas membersihkan pakaian dengan memantulkan dan memindahkannya melalui pancuran atau genangan air kecil.

Karena air di mesin cuci pemuatan atas bergerak turun dan keluar, hal itu cenderung berjejak dan bau daripada mesin cuci bukaan depan. Seperti halnya semua mesin, ada baiknya membersihkan bak dan dispenser sekitar sebulan sekali.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA