Selasa, 22 Syawwal 1440 / 25 Juni 2019

Selasa, 22 Syawwal 1440 / 25 Juni 2019

Hindari 6 Kebiasaan Buruk Ini Agar Terhindar dari Kanker

Senin 10 Jun 2019 15:35 WIB

Rep: cermati/ Red:

Hindari 6 Kebiasaan Buruk Ini Agar Terhindar dari Kanker

Hindari 6 Kebiasaan Buruk Ini Agar Terhindar dari Kanker

Sekarang ini kanker banyak ragamnya.

Kanker terbentuk karena adanya jaringan abnormal serta karsinogenik yang sering merusak jaringan tubuh lainnya. Kanker sendiri merupakan penyakit mematikan yang merenggut banyak korban. Sekarang ini kanker banyak ragamnya, mulai dari kanker getah bening, kanker usus, kanker kulit, kanker hati, kanker serviks dan masih banyak lainnya.

Meskipun sudah tahu, terkadang masih saja sebagian dari mereka mengabaikan hal tersebut. Namun, pada dasarnya setiap penyakit yang dialami berawal dari kebiasaan-kebiasaan buruk yang berlangsung selama beberapa tahun sebelumnya.

Kebiasaan buruk yang dilakukan setiap hari dan tak kunjung disadari akan memicu pertumbuhan sel penyakit sedikit demi sedikit. Ini sama halnya dengan kanker. Untuk itu, agar terhindar dari kanker yang mematikan, mulailah dari sekarang hindari enam kebiasaan buruk berikut ini:

 

1. Duduk Terlalu Lama

kerja

Duduk terlalu lama saat kerja

Setelah dilakukan penelitian terhadap beberapa pengidap kanker, mereka yang duduk selama dua jam akan mengalami peningkatan kanker usus dan kolon sebanyak 8%, lalu peningkatan kanker paru-paru 6%, dan terakhir kanker endometriosis yang meningkat hingga 10%.

Maka, saat sedang bepergian hingga menghabiskan waktu berjam-jam di perjalanan, sebaiknya sempatkanlah untuk beristirahat dengan berhenti di bahu jalan atau tempat istirahat kemudian bangun dari posisi duduk. Jika tubuh sudah merasa lelah, jangan paksakan mengemudi. Lebih baik istirahat daripada harus menanggung risikonya dikemudian hari.

Selain itu, pekerja kantoran yang duduk seharian menghadap komputer juga harus mulai sadar akan bahaya yang menunggu. Jika dirasa sudah terlalu lelah seharusnya segera bangun dari tempat duduk dan lakukan peregangan badan di sekitar ruangan atau halaman kantor untuk mencari udara segar.

2. Kegemukan atau Obesitas

bb

Kegemukan atau obesitas

Kanker juga bisa karena kegemukan yang biasanya terjadi pada orang yang memiliki keturunan obesitas maupun Anda yang tidak menjaga asupan makanan. Agar terhindar dari obesitas sebaiknya atur jam makannya dan memilih asupan makanan yang seimbang dan bergizi.

Selain itu, Anda juga harus mengurangi gula karena kadar gula yang tinggi bisa menimbulkan penyakit lainnya, antara lain diabetes, penurunan kadar subur dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Pilihan Diet bagi Penderita Kanker

3. Mengkonsumsi Daging Berlebihan

daging

Mengkonsumsi daging berlebihan

Meskipun bagus untuk tubuh, jika dikonsumsi secara berlebihan pun tidak baik ya. Kadar lemak yang ada pada daging bisa menimbulkan penimbunan lemak dan menyebabkan obesitas. Selain itu, daging berlebihan juga bisa memicu munculnya kanker prostat dan kanker pankreas.

Sebaiknya, konsumsi daging sesuai porsi yang dianjurkan. Pilih daging yang rendah lemak atau daging merah yang sudah jelas memiliki kualitas yang sangat baik karena daging merupakan sumber protein yang bagus untuk tubuh.

4. Mengonsumsi Alkohol

minuman alkohol

Mengkonsumsi alkohol

Alkohol yang dikonsumsi secara berlebihan juga tidak baik untuk tubuh. Rasa panas yang dihasilkan oleh alkohol bisa membuat tubuh terasa terbakar. Selain itu, ada beberapa kanker yang bisa menyerang Anda jika terlalu banyak meminum alkohol dalam jangka waktu yang lama. Beberapa kanker yang mungkin muncul adalah kanker payudara, kanker tenggorokan, kanker hati, dan beberapa kanker lainnya yang ada di sekitar kepala.

5. Merokok

rokok

Merokok

Melakukan kebiasaan merokok juga tidak baik untuk kesehatan. Asap yang dikeluarkan oleh rokok ini sangat berbahaya untuk kesehatan perokok aktif maupun perokok pasif. Terlebih lagi, beberapa kanker akan berkembang sangat cepat dengan adanya asap rokok.

Baca Juga: Cara Deteksi Kanker Sejak Dini

6. Jarang Berolahraga

olahraga

Jarang berolahraga

Kebanyakan penderita kanker merupakan orang yang jarang berolahraga. Saat berolahraga, Anda akan mengeluarkan keringat yang ternyata merupakan racun-racun yang mengendap dalam tubuh.

Inilah mengapa Anda sangat dianjurkan untuk berolahraga saat pagi hari minimal selama 15 menit sebanyak 3 hingga 4 kali seminggu. Banyak jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan di sekitar rumah, antara lain jogging keliling komplek rumah, yoga atau hanya sekedar peregangan tubuh lainnya.

Terapkan Hidup Sehat Mulai dari Sekarang

Memulai hidup sehat merupakan cara terbaik untuk menghindari penyakit kanker. Selain sadar dan menjauhkan kebiasaan buruk, jangan lupa konsumsi makanan yang bergizi seimbang, minumlah air minimal 2 liter perhari untuk memudahkan tubuh Anda dalam proses detoksifikasi racun yang ada di dalam tubuh dan berolahraga secara rutin.

Baca Juga: Tidak Semua Biaya Kanker Ditanggung BPJS, Ini Cara Pilih Asuransi Kanker

 

Sumber : https://www.cermati.com/artikel/hindari-6-kebiasaan-buruk-ini-agar-terhindar-dari-kanker
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA