Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Ini 8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Kulit

Senin 27 May 2019 02:36 WIB

Rep: cermati/ Red:

Selain untuk Memasak, Inilah 8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Kulit

Selain untuk Memasak, Inilah 8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Kulit

Ada 8 manfaat minyak zaitun untuk kesehatan kulit yang perlu diketahui.

Saat ini hampir semua orang mengetahui minyak zaitun atau olive oil. Dari dulu minyak zaitun memang dinilai memiliki banyak manfaat. Mulai sebagai minyak untuk memasak, sabun, obat, bahan bakar, hingga saat ini banyak digunakan sebagai bahan dasar produk kosmetik.

Kandungan minyak zaitun yang kompleks sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, khususnya kulit. Vitamin E dan Vitamin K yang ada pada minyak zaitun sangat bagus untuk kesehatan kulit.

Yuk, kamu perlu tahu manfaat minyak zaitun untuk kesehatan kulit wajah dan badanmu

 

1. Make-up Remover

 

make up remover
Sebagai make up remover

Jika biasanya kamu menggunakan cleansing oil atau milk cleanser, sekarang kamu bisa memanfaatkan minyak zaitun untuk membersihkan make-up ketika kamu kehabisan pembersih.

Sebenarnya menggunakan minyak zaitun sebagai make-up remover sama halnya ketika kamu menggunakan cleansing oil ataupun milk cleanser. Hanya perlu diaplikasikan di wajah dan dipijit pelan untuk mengangkat make-up.

Setelah itu, jangan lupa bersihkan sisa-sisa minyak di wajah menggunakan sabun wajah. Karena jika tidak dibersihkan menggunakan sabun wajah, kotoran make-up akan mengendap dan menyebabkan jerawat. Kamu tentunya tidak mau kan kulitmu berjerawat?

2. Pelembab Bibir

 

bibir
Sebagai pelembab bibir

Kandungan Vitamin E dalam minyak zaitun bisa melembabkan bibir. Bibir yang kering hingga mengelupas bisa diakali dengan menggunakan minyak zaitun. Caranya sangat mudah, yaitu dengan mengoleskan minyak zaitun di bibir. Ada baiknya gunakan di malam hari sebelum tidur, karena tekstur minyak zaitun yang thick maka jika digunakan di siang hari akan terlihat sangat berminyak.

Penggunaan minyak zaitun sebagai pelembab bibir secara teratur akan mencegah terjadinya bibir kering. Dengan memiliki bibir yang selalu halus dalam lembab akan mempercantik bibir saat menggunakan lipstik. Warna lipstik akan lebih keluar dan bibir terlihat lebih plum.

3. Pelembab Wajah di Malam hari

 

wajah
Pelembab wajah di malam hari

Sekarang sangat bermacam-macam jenis pelembab wajah, dari yang diperuntukkan siang hari maupun malam hari, hingga merk lokal dan merk luar. Sekarang, kamu bisa memanfaatkan minyak zaitun untuk melembabkan kulit karena kandungan Vitamin E yang bekerja pada kulit. Penggunaan minyak zaitun sebagai pelembab kulit secara teratur akan membantu mencegah penuaan dini dan membantu menyamarkan keriput di wajah.

Baca Juga: Wajib Dicoba, 9 Makanan Murah Ini Ampuh Bikin Kulit Putih Berseri

4. Masker Wajah

 

masker
Masker wajah

Manfaat lain minyak zaitun untuk wajah adalah bisa digunakan sebagai masker. Digunakan single use maupun dengan campuran bahan lainnya. Caranya sangat mudah, kamu bisa mencampurkan minyak zaitun dengan madu, cuka apel, atau teh hijau.

Tunggu masker hingga kering, kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih. Jangan lupa untuk memakai pelembab setelah memakai masker, agar manfaat masker lebih terasa.

5. Obat Stretchmark

 

StretchmarkObat Stretchmark

Stretchmark sering dianggap sangat merusak penampilan. Kulit yang mengerut hingga berbekas tentunya akan mengurangi kepercayaan diri. Stretchmark biasanya ada di bagian perut, lutut, dan lengan. Mengolesi bagian stretchmark secara teratur menggunakan minyak zaitun dinilai bisa mengurangi kerutan stretchmark.

6. Melindungi Kulit dari Bahaya Sinar Matahari

 

kulit
Melindungi kulit dari bahaya sinar matahari

Terpapar sinar matahari langsung sangat membahayakan kulit, karena sinar matahari juga dapat memicu terjadinya kanker kulit. Menurut suatu penelitian, dengan mengoleskan minyak zaitun di kulit dapat membantu kulit menangkal radikal bebas yang disebabkan oleh sinar matahari. Kemampuan menangkal radikal bebas ini diduga karena minyak zaitun mengandung antioksidan dan anti inflamasi yang tinggi.

Baca Juga: Mau Dapatkan Kulit Sehat, Cantik, dan Berseri? Coba Lakukan Ini

7. Memperindah Bulu Mata

 

bulu mata
Memperindah bulu mata

Mempunyai bulu mata yang panjang, lebat, dan lentik merupakan salah satu keinginan tiap perempuan. Walaupun seiring berkembangnya teknologi kecantikan, dengan adanya eyelash extentions, masih ada banyak perempuan yang ingin mempunyai bulu mata indah secara alami. Salah satunya yaitu dengan memanfaatkan minyak zaitun.

Mengoleskan minyak zaitun ke bulu mata secara teratur akan memperlebat bulu mata. Ini karena minyak zaitun yang mengandung banyak Vitamin E. Sebaiknya oleskan minyak zaitun tersebut ke bulu mata saat malam hari, karena jika dilakukan di siang hari akan menghadirkan kesan lengket pada mata yang tentunya akan menyebabkan ketidaknyamanan saat melakukan aktivitas.

8. Obat Eksim

 

gatal
Obat eksim

Selain memiliki manfaat untuk kulit wajah, minyak zaitun ternyata juga memiliki manfaat sebagai obat luka eksim (gatal dan kemerahan). Hal ini dikarenakan minyak zaitun mengandung antioksidan dan anti inflamasi yang bisa membuat luka eksim cepat membaik.

Perhatikan dan Konsultasi dulu Sebelum Menggunakan Minyak Zaitun

Memanfaatkan minyak zaitun untuk kesehatan kulit memang bagus. Karena minyak zaitun yang alami, tanpa mengandung bahan kimia seperti paraben dan alkohol. Akan tetapi, kamu perlu mawas diri sebelum memakai minyak zaitun. Keadaan kulit antar individu yang berbeda akan menghasilkan efek yang berbeda pula. Oleh karena itu, kamu perlu konsultasi dengan dokter ketika kamu merasakan gatal, ruam, bruntus, selama pemakaian minyak zaitun.

Baca Juga: Manfaatkan Teh Hijau untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA