Rabu, 23 Syawwal 1440 / 26 Juni 2019

Rabu, 23 Syawwal 1440 / 26 Juni 2019

Pemudik, Ini Daftar ‘Rest Area’ Tol Trans-Jawa

Jumat 24 Mei 2019 02:26 WIB

Rep: cermati/ Red:

Pemudik, ini daftar rest area’ Tol Trans-Jawa dan Aplikasi Pendukung Mudik Jadi Lancar.

Pemudik, ini daftar rest area’ Tol Trans-Jawa dan Aplikasi Pendukung Mudik Jadi Lancar.

Selain daftar rest area Trans-Jawa, ada juga aplikasi mudik lancar.

Tol Trans-Jawa dari Merak hingga Probolinggo ini sudah siap dipakai para pemudik Lebaran 2019. Hasil riset yang dilakukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menunjukan sebanyak 1,7 juta orang dengan 399.962 mobil memilih Tol Trans-Jawa sebagai jalur mudik sampai ke kampung halaman.

Menurut Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit, hadirnya Tol Trans-Jawa ini diharapkan lalu lintas kendaraan saat mudik Lebaran bisa jauh lebih teratur dan cepat sampai tujuan. Namun, tetaplah keselamatan yang utama, baik menjaga stamina tubuh hingga kondisi kendaraan dalam kondisi baik.

Danang juga menambahkan, dengan didukungnya rest area sepanjang Tol Trans-Jawa yang dilengkapi fasilitas seperti untuk beristirahat, makan, pengisian bahan bakar dan sebagainya menjadi bagian penting dalam kelancaran selama perjalanan mudik Lebaran.

 

‘Rest Area’ Tol Trans-Jawa

area

Seperti yang dikutip dari BPJT, Tol Trans-Jawa telah disediakan sebanyak 68 unit rest area yang tersebar di setiap titik pemberhentian dari Merak hingga Surabaya dengan ketersediaan fasilitas yang berbeda-beda tergantung dari jenis tipenya. Rest area tersebut terbagi menjadi 31 unit tipe A, 25 unit tipe B, dan 12 unit tipe C.

  • Tipe A

Fasilitas yang disediakan: Toilet, Parkir Kendaraan, ATM Center, Masjid/Musholla, SPBU, Food Court, Minimarket, Bengkel Siaga, Klinik Kesehatan dan Ruang Terbuka.

  • Tipe B

Fasilitas yang disediakan: Toilet, Parkir Kendaraan, ATM Center, Masjid/Musholla, Minimarket, Food Court, dan Ruang Terbuka.

  • Tipe C

Fasilitas yang disediakan: Toilet, Parkir Kendaraan, Musholla dan Warung/Kios.

Baca Juga: Beli Asuransi Perjalanan buat Mudik Lebaran, Harga Premi Mulai Dari Rp 10 Ribu

Daftar ‘Rest Area’ Tol Trans-Jawa

1. Jakarta – Tanggerang

Tipe A, Km 13

2. Jagorawi

Tipe A, Km 10

Tipe A, Km 36

Tipe A, Km 45

3. Jakarta – Cikampek

Tipe B, Km 18

Tipe A, Km 19

Tipe C, Km 33

Tipe A, Km 40

Tipe C, Km 50

Tipe A, Km 57

Tipe B, Km 59

4. Purbaleunyi

Tipe A, Km 72

Tipe A, Km 88

Tipe A, Km 147

5. Cipali

Tipe B, Km 86

Tipe A, Km 102

Tipe B, Km 130

Tipe A, Km 166

6. Palikanci

Tipe A, Km 207

7. Batang – Semarang

Tipe A, Km 379

Tipe C, Km 391

8. Semarang

Tipe C, Km 5

9. Semarang – Solo

Tipe A, Km 429

Tipe A, Km 456

Tipe A, Km 487

10. Solo – Ngawi

Tipe A, Km 519

Tipe C, Km 538

Tipe A, Km 575

11. Ngawi – Kertosono

Tipe C, Km 597

Tipe A, Km 626

12. Mojokerto – Surabaya

Tipe A, Km 725

13. Gempol – Pandaan

Tipe A, Km 26

14. Surabaya – Gempol

Tipe A, Km 26

15. Gempol Pasuruan

Tipe A, Km 64

Baca Juga: Mudik Lebaran Pakai Mobil Pribadi, Cek Tarif Tol Trans-Jawa 2019 di Sini!

Aplikasi Pendukung Mudik Lebaran

mudik

Ilustrasi mudik Lebaran

Setiap pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi tentunya ingin perjalanan mudik menjadi lancar. Agar harapan itu bisa terwujud, ada delapan aplikasi pendukung mudikmu yang memberikan layanan yang berbeda-beda.

Berikut aplikasi yang bisa kamu download di smartphone-mu yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber:

1. Google Maps

Aplikasi ini bisa menampilkan rute perjalanan sekaligus kondisi kemacetan. Bila terjadi kemacetan, Google Maps akan memberikan beberapa rute terbaik dengan perkiraan waktu tempuh yang berbeda.

2. Waze

Sama halnya dengan Google Maps, Waze juga aplikasi yang memiliki layanan rute dengan estimasi waktu perjalanan. Namun, ada kelebihan lainnya, aplikasi ini bisa memberikan penggunanya informasi dari pengendara lain mengenai kondisi jalan dan lalu lintas.

3. Info Mudik 2019

Aplikasi Info Mudik 2019 bisa digunakan semua pemudik, baik yang menggunaan transportasi umum atau kendaraan pribadi. Aplikasi ini bisa memberikan penggunananya informasi lengkap mulai dari info tiket kereta api, tarif tol 2019, hingga rute jalan.

4. Ayo Mudik

Ayo Mudik merupakan aplikasi yang memberikan layanan rute perjalanan dan dilengkapi juga fasilitas yang ada di sepanjang jalur mudik yang kamu pilih.

5. JM Care

Selain memberikan layanan pemilihan rute terbaik, aplikasi JM Care juga memiliki fitur lainnya seperti permintaan mobil derek, dan pengguna jga bisa melaporkan informasi mengenai kondisi jalan tol.

6. NTMC Mudik

NTMC Mudik bisa membantu para pemudik untuk mendapatkan informasi seputar mudik mulai dari, titik kemacetan, rest area, SPBU, dan fasilitas lainnya

7. BMKG

Cuaca selama mudik juga perlu diketahui para pemudik. Dengan aplikasi BMKG ini, kamu bisa mengetahui informasi cuaca, iklim hingga terjadinya gempa bumi yang ada di Indonesia.

8. Mudik BPJS Kesehatan

Mudik BPJS Kesehatan ini memberikan para pemudik untuk mendapatkan informasi seputar posko mudik BPJS Kesehatan yang tersebar di banyak kota. Selain itu juga, aplikasi ini memiliki peta menuju lokasi fasilitas kesehatan terdekat.

Manfaatkan ‘Rest Area’ dan Aplikasi Mudik dengan Maksimal

Pastinya semua pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi tidak sabar untuk sampai tujuan, tapi para pemudik juga perlu perhatikan keselamatan dan kelancaran selama mudik. Untuk itu manfaatkan rest area untuk beristirahat hingga mengecek kondisi kendaraan apakah masih dalam keadaan baik atau ada mesin yang perlu di service. Selain itu juga gunakan aplikasi pendukung mudik agar kamu lebih mudah mendapatkan segala informasi seputar mudik.

Baca Juga: Mudik Lebaran ke Sumatra: Ini Daftar Tol, Tarif Tol dan 'Rest Area' Tol Trans-Sumatra

 

Sumber : https://www.cermati.com/artikel/pemudik-ini-daftar-rest-area-tol-trans-jawa-dan-aplikasi-pendukung-mudik-jadi-lancar
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA