Thursday, 25 Safar 1441 / 24 October 2019

Thursday, 25 Safar 1441 / 24 October 2019

Tips Menyiapkan Bawang Putih untuk Masakan

Selasa 21 May 2019 07:31 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda

Bawang putih

Bawang putih

Foto: palmbeachillustrated
Bawang putih merupakan bumbu dapur yang sering dipakai dalam resep masakan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai bumbu dapur, bawang putih menjadi bahan yang sering dipakai dalam resep masakan. Akan tetapi, masih banyak orang yang salah memperlakukannya. Alhasil, tekstur dan cita rasanya pun bisa hilang.

Baca Juga

Laman Mashed mengungkap ada sejumlah kesalahan yang kerap dibuat orang ketika "bermain" dengan bawang putih di dapur.

Salah mengupas

Kesalahan mengupas dapat membuat banyak bagian bawang putih terbuang. Mengupas dengan cara yang salah juga dapat membuang lebih banyak waktu.

Salah satu cara untuk mengupas bawang putih dengan benar dan cepat adalah meletakkan bawang putih di atas talenan dan tekan bawang putih menggunakan sisi datar pisau hingga remuk. Bawang putih yang remuk dengan sendirinya akan terpisah dari bagian kulit dengan cepat.

Cara kedua adalah memasukkan bawang putih ke dalam toples kecil atau jar dan tutup wadah tersebut. Kocok toples kecil sekeras mungkin selama kurang lebih 20 detik. Dengan cara ini, bawang putih juga bisa terlepas dengan cepat dari kulitnya.

Salah memotong

Memotong atau mencincang bawang putih nampaknya bukan pekerjaan yang sulit. Namun, bukan berarti kesalahan tak bisa terjadi ketika memotong bawang putih.

Kecepatan dalam memotong dan mencincang bawang putih merupakan salah satu faktor yang perlu diperhatikan. Berlama-lama saat memotong bawang putih dapat membuang bawang putih teroksidasi dan memiliki rasa yang cenderung pahit.

Potongan bawang putih juga harus dipastikan memiliki ukuran yang sama. Bawang putih akan lebih baik bila dipotong dengan cara diiris dengan ketebalan dan panjang yang konsisten. Potongan seperti ini akan membuat bawang putih tidak mudah gosong saat proses memasak.

Membeli garlic press

Garlic press merupakan alat penghancur bawang putih instan yang mudah digunakan. Meski tampak praktis, penggunaan garlic press dapat membuat bawang putih kehilangan tekstur. Padahal. bawang putih akan lebih baik bila tetap memiliki tekstur.

Bawang putih yang diubah menjadi halus juga cendeurng lebih mudah gosong. Bawang putih halus hanya baik digunakan untuk menu-menu saus yang tidak dimasak dengan api.

Menambahkan terlalu cepat

Menambahkan bawang putih terlalu cepat ke dalam masakan merupakan kesalahan yang harus dihindari. Perlu diingat, bawang putih sangat mudah gosong, terlebih bila sudah dalam keadaan terpotong-potong.

Jangan tambahkan bawang putih ke dalam wadah memasak sampai setengah dari proses memasak terlewati. Bawang putih juga bisa ditambahkan sesaat sebelum air atau cairan lain dimasukkan ke dalam masakan. Cara-cara ini dapat menjaga bawang putih agar bisa matang sempurna, tanpa gosong.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA