Tuesday, 22 Syawwal 1440 / 25 June 2019

Tuesday, 22 Syawwal 1440 / 25 June 2019

Tips Happy Travelling di Bulan Ramadan

Sabtu 18 May 2019 11:04 WIB

Rep: cermati/ Red:

Tips Happy Travelling di Bulan Ramadan

Tips Happy Travelling di Bulan Ramadan

Melakukan travelling di saat bulan puasa juga tidak ada salahnya

Momen liburan panjang kerap menjadi waktu yang sulit untuk travelling dengan seru dan santai, mengingat sebagian besar orang akan memilih berlibur di waktu yang sama. Bukan hanya tiket saja yang bertambah mahal, namun berbagai akomodasi juga semakin sulit ditemukan dengan harga yang rendah.

Hal seperti ini biasanya akan terjadi di momen liburan panjang lebaran yang akan tiba beberapa bulan ke depan. Bayangkan, bagaimana rasanya ketika harus menikmati momen liburan yang begitu ramai di berbagai destinasi wisata yang kamu kunjungi. Bukannya menikmati liburan secara maksimal, yang ada malah kesulitan atau bahkan merasa tidak menikmati perjalanan yang kamu lakukan.

Jika ingin travelling dalam waktu dekat, maka tidak ada salahnya untuk melakukannya lebih awal sebelum libur lebaran tiba. Melakukan travelling di saat bulan puasa juga tidak ada salahnya, selama kegiatan yang satu ini tidak mengganggu ibadah puasa.

Selain bisa menikmati ibadah puasa dengan cara yang berbeda, kamu juga akan memiliki kesempatan untuk lebih leluasa dalam memilih destinasi liburan, sebab orang jarang travelling di saat-saat seperti ini. Kamu bisa travelling dengan cara yang berbeda dari biasanya, terutama jika selama ini memang belum pernah travelling di saat momen puasa.

 

Nikmati Travelling  Sambil Berpuasa

Travelling saat Berpuasa

Travelling saat Berpuasa

Tidak hanya membuat kamu merasakan sensasi liburan yang berbeda saja, travelling di bulan puasa juga bisa kamu jadikan sebagai momen untuk membuat suasana hatimu lebih “teduh” dan tenang, apalagi jika bisa memilih destinasi yang tepat sejak awal.

Namun meski begitu, kegiatan yang satu tetap harus direncanakan dan dipersiapkan dengan matang terlebih dahulu, agar tidak sampai menganggu ibadah puasamu. Kemanapun destinasi pilihanmu, pastikan memiliki rencana yang tepat untuk kegiatan itu. Hal ini bukan hanya akan membuat kamu lebih nyaman selama bepergian, namun juga bisa membuat liburan menjadi lebih berkualitas.

Simak beberapa tips berikut ini, yang bisa kamu lakukan saat travelling di bulan puasa:

1. Rencakan dengan Matang

Jika ingin menikmati travelling ini dengan nyaman dan maksimal, pastikan telah merencanakannya dengan baik sejak awal. Hal ini sangat penting, terutama jika ternyata berencana untuk travelling ke lokasi yang jauh atau bahkan ke luar negeri. Meski bukan di masa liburan, tiket dan akomodasi tentu wajib untuk kamu persiapkan sejak jauh-jauh hari.

Jangan sampai rencana untuk bersenang-senang justru jadi berantakan, hanya karena tidak melengkapi perjalanan ini dengan rencana yang tepat sejak awal. Luangkan waktu untuk menyusun rencana perjalanan yang tepat, termasuk memilih rute dan juga berbagai hal lainnya yang kamu anggap sesuai untuk perjalanan ini.

Baca Juga: Tetap Semangat dan Sehat Saat Puasa, Ini Dia Caranya

2. Pilih Destinasi yang Tepat dan Sesuai dengan Momen Ramadhan

Jangan lupa untuk memilih destinasi yang tepat dalam perjalananmu kali ini, agar bisa menikmatinya dengan nyaman. Kamu akan travelling di saat puasa, sehingga penting untuk memilih destinasi terbaik tanpa mengganggu ibadah puasa yang sedang kamu jalankan.

Tidak akan sulit, kamu bahkan bisa saja memilih destinasi yang mendukung ibadah yang kamu lakukan, misalnya dengan melakukan travelling ke masjid bersejarah. Namun meskipun memilih destinasi yang jauh dan membutuhkan perjalanan selama  beberapa hari, pastikan perjalanan ini tidak akan terlalu berat untuk kamu dan tentunya tidak menganggu puasamu juga.

3. Persiapkan Diri dengan Baik

Travelling di bulan puasa dan bulan lainnya tentu akan berbeda. Kamu akan memiliki tantangan tersendiri dalam kegiatan ini, terutama jika memilih rute panjang atau bahkan yang terbilang sulit.

Tidak ada salahnya untuk travelling ke lokasi yang jauh dan melakukan perjalanan selama beberapa hari, selama benar-benar siap untuk perjalanan yang satu ini. Siapkan diri, terutama fisik sejak jauh-jauh hari, agar selama travelling kondisi tetap prima dan bisa menjalankan puasa dengan lancar.

Hal ini sangat penting, apalagi jika memilih destinasi yang sulit dan membutuhkan banyak tenaga, seperti perjalanan ke pegunungan atau bahkan ke luar negeri. Tak hanya kondisi fisik saja, namun kondisi keuangan juga harus dipersiapkan dengan baik.

Jangan sampai setelah kembali dari travelling, kamu justru mengalami masalah di dalam keuanganmu. Bukannya membawa manfaat, yang ada kamu malah terkena masalah di kemudian hari. Pastikan memiliki persiapan yang baik untuk kegiatan ini, termasuk persiapan fisik dan juga dana yang memadai.

4. Hindari Barang Bawaan yang Berlebih

Miliki kemampuan yang baik dalam packing, agar barang bawaan kamu bisa ringkas dan tidak merepotkan sepanjang perjalanan. Namun yang tak kalah pentingnya adalah pemilihan barang bawaan yang tepat, di mana hanya memilih barang bawaan yang benar-benar penting saja untuk kegiatan ini.

Hindari berbagai barang yang tidak begitu penting atau bahkan tidak perlu sama sekali, sebab bukan hanya menguras tenaga, barang bawaan yang berlebih ini juga bisa menguras uangmu jika sampai kelebihan bagasi di pesawat.

5. Bawa Bekal Makanan yang Cukup dan Tepat

Meski bulan puasa, bukan berarti tidak perlu memikirkan bekal makanan selama travelling. Hal ini bahkan perlu kamu persiapkan dengan baik, terutama jika melakukan perjalanan yang panjang dan membutuhkan waktu lebih dari satu hari.

Jika destinasi travelling yang kamu pilih berada di luar negeri, maka bawalah bekal makanan kering yang tahan lama, agar tidak kesulitan untuk memilih menu makanan tambahan untuk sahur atau bahkan berbuka puasa. Bukan hanya itu saja, bekal makanan seperti ini akan sangat membantu dalam memilih menu buka puasa dan juga sahurmu selama berada di negeri orang nanti. Tidak perlu repot-repot lagi, kamu hanya perlu mencari menu makanan tambahan lainnya untuk melengkapi bekal makanan.

6. Jangan Lupakan Sahur

Ke manapun tujuan perjalanan kamu, travelling akan membutuhkan tenaga yang cukup banyak. Kamu harus mencermati hal ini dengan baik, mengingat akan travelling sambil berpuasa.

Pastikan menyantap menu sahur yang cukup dan bergizi, sehingga tubuh tetap fit dan benar-benar siap untuk menikmati travelling dengan nyaman dan tenang. Sahurlah dengan menu yang sehat dan asupan kalorinya sesuai untuk tubuh, agar puasa dan semua aktifitas selama travelling bisa berjalan dengan lancar.

7. Hindari Arus Mudik dan Lakukan Sebaliknya

Travelling di bulan puasa akan memberi keuntungan tersendiri, sebab kamu bisa mendapatkan tiket dan juga akomodasi lainnya dengan harga yang lebih murah. Hal ini bahkan akan lebih murah lagi, jika ternyata bisa mengatur jadwal travelling di saat liburan sekolah belum tiba.

Pilih waktu terbaik untuk kegiatan ini dan hindari arus mudik menjelang lebaran, sebab hal ini bisa saja membuat harga tiket menjadi jauh lebih mahal. Lakukan perjalanan melawan arus mudik, sehingga bisa mendapatkan harga terbaik untuk tiket perjalanan ini.

8. Manfaatkan Waktu Istirahat untuk Ibadah

Meski travelling, ibadah tentu menjadi hal yang tak boleh kamu lupakan selama perjalanan. Agar keduanya tidak terganggu, maka kamu harus bisa menyesuaikan jadwalnya. Aturlah waktu istirahat sesuai dengan waktu sholat, sehingga bisa melakukan ibadah sambil beristirahat sejenak dan mengembalikan tenaga. Hal ini akan membuat perjalanan dan juga ibadah puasa lancar dan tetap terasa menyenangkan.

9. Tetap Jaga Kesehatan dan Juga Ibadah Puasa yang Dijalankan

Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan selama travelling, mengingat kamu juga sedang menjalankan ibadah puasa. Aktifitas ini hanya akan memberikan manfaat maksimal, jika melakukannya dalam kondisi yang sehat saja. Pastikan selalu menjaga kesehatan dengan baik, termasuk menjaga pola makan dan juga jam istirahat selama travelling nanti.

Baca Juga: Begini Caranya Mengatur Keuangan Selama Bulan Ramadhan

Waktu Terbaik dan Rencana yang Tepat

Travelling di bulan puasa menjadi pilihan yang tepat bagi yang ingin menghindari liburan di momen lebaran nanti. Pilih waktu terbaik untuk aktifitas ini dan jangan lupa untuk menyusun rencana yang tepat sejak awal. Hal ini akan sangat membantu untuk menikmati momen puasa yang berbeda dan lebih berkesan di dalam setiap perjalanan yang kamu lakukan.

Baca Juga: 9 Ide Bisnis Saat Bulan Ramadhan

 

Sumber : https://www.cermati.com/artikel/tips-happy-travelling-di-bulan-ramadan
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA