Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

10 Tanda Lingkungan Kerja Anda 'Beracun' (1)

Rabu 15 May 2019 21:35 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Christiyaningsih

Lelah bekerja (ilustrasi)

Lelah bekerja (ilustrasi)

Foto: Boldsky
Tempat kerja 'beracun' bisa membahayakan kesehatan fisik dan mental

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak semua orang beruntung memiliki karier menyenangkan dan memuaskan. Sebagian terjebak dalam pekerjaan 'beracun' yang akhirnya membahayakan kesehatan fisik dan mental. Dikutip dari Womanitely, Rabu (15/5), berikut 10 tanda Anda terjebak dalam lingkungan kerja buruk.
 
1. Moral rendah

Anda memiliki rekan kerja dan kolega yang terus mengundang perdebatan. Ini membuat Anda tertekan dan tertindas.

2. Stres berkepanjangan

Pekerjaan apapun pasti pernah memicu stres. Namun, Anda berada di lingkungan kerja beracun jika stres yang dirasakan berkepanjangan. Tempat kerja tak pernah lagi membuat Anda merasa santai.

Anda kadang takut pergi ke kantor karena merasa terintimidasi, tegang akibat kurang tidur, cemas akibat tekanan, dan stres tinggi yang mengikis kebahagiaan. Fisik Anda pun akhirnya tidak sehat.

3. Pekerjaan diserobot teman

Rekan kerja sering menyerobot pekerjaan Anda di kantor. Ini bukan hanya berarti Anda tak dihargai, tapi juga mengurangi peluang Anda mendapatkan promosi yang seharusnya diperoleh. Anda mungkin bisa menolerir ini sampai batasan tertentu, namun sangat melelahkan jika hal sama terulang berkali-kali.

4. Kambing hitam

Lingkungan kerja sehat adalah tempat di mana pimpinan sekali pun berani bertanggung jawab atas kesalahan. Tempat kerja yang beracun justru sebaliknya di mana banyak karyawannya dijadikan kambing hitam dari mereka yang posisinya lebih tinggi. Bos sering melimpahkan kesalahan kepada bawahan, meremehkan karyawannya di depan umum, atau mengambinghitamkan kegagalan perusahaan pada pihak yang tak berani melawan.

5. Tidak ada kesetaraan

Kurangnya kesetaraan gender ciri lain lingkungan kerja tak sehat. Acara-acara kantor lebih banyak dibuat untuk karyawan laki-laki. Seseorang bisa saja tak disukai karena alasan tidak profesional, seperti daya tarik seksual.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA