Tuesday, 16 Ramadhan 1440 / 21 May 2019

Tuesday, 16 Ramadhan 1440 / 21 May 2019

Belanja Online, Survei: Netizen Habiskan THR Rp 1,2 Juta

Rabu 15 May 2019 18:44 WIB

Rep: cermati/ Red:

Doyan Belanja Online saat Ramadan, Survei: Netizen RI Bisa Habiskan THR Rp 1,2 Juta

Doyan Belanja Online saat Ramadan, Survei: Netizen RI Bisa Habiskan THR Rp 1,2 Juta

Rata-rata belanja online Netizen pas Ramadan sekitar Rp 1,2 juta.

Bulan Ramadan, bukan hanya berlomba-lomba menanam kebajikan, tapi juga beramai-ramai belanja online. Belanja baju dan kue-kue kering Lebaran, sembako murah, gadget, perangkat elektronik sampai produk kecantikan dan kesehatan.

Saat transaksi belanja daring meningkat di bulan puasa, itu artinya panen rezeki buat para e-commerce dan toko-toko online. Tentu saja alasan orang belanja online karena lebih praktis, mudah, murah, dan cepat. Malas kan lagi lemas menahan haus dan lapar, belanja panas-panasan ke pasar? Bisa-bisa batalin puasa.

Enakan lewat online, sambil rebahan di kasur, tinggal pesan dari ponsel, bayar, barang langsung dikirim. Saking mudahnya, ternyata orang bisa khilaf belanja online loh. Terbukti dari hasil survei yang dilakukan e-commerce ShopBack, bahwa Netizen Indonesia menghabiskan Rp1,2 juta untuk belanja online selama Ramadan.

Mau tahu hasil survei ShopBack Insights 2019 mengenai Perilaku Belanja Online saat Ramadan lebih lengkap? Yuk, simak poin-poinnya berikut ini.

Baca Juga: Promo Dining Kartu Kredit 2019 ini Cocok untuk Bukber Puasa Ramadhan

 

Belanja Online Habis Rp1,2 Juta

Belanja Online

Belanja Online Habis Rp1,2 Juta saat Ramadan

Dari 6.500 responden di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, dan Makassar yang di survei, hasilnya menunjukkan rata-rata belanja online Netizen pas Ramadan sekitar Rp1,2 juta.

Head of Business Development ShopBack Indonesia, Yolanda Margaretha mengatakan Ramadan selalu menjadi salah satu momentum yang dimanfaatkan para pelaku e-commerce untuk meningkatkan nilai transaksi.

“Daya beli masyarakat pada Ramadan selalu meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini pun ditujukan dengan rata-rata belanja masyarakat pada Ramadan tahun lalu yang mencapai Rp1,2 juta. Puasa tahun ini, nilainya tidak terlalu meningkat signifikan dibandingkan tahun sebelumnya,” kata Yolanda dalam keterangan resmi yang diterima Cermati.com, baru-baru ini.

  • Sebanyak 32,3% Netizen belanja senilai Rp500 ribu-Rp1 juta
  • Belanja senilai kurang dari Rp500 ribu sebanyak 27,3%
  • Transaksi belanja senilai Rp1 juta-Rp1,5 juta sebanyak 15,2%
  • Ada 9,1% Netizen menghabiskan Rp1,5 juta-Rp2 juta,
  • Senilai Rp2 juta-Rp2,5 juta sebanyak 6,1%, dan
  • Belanja online senilai lebih dari Rp2,5 juta sebanyak 10,1%.

Produk yang Banyak Diburu Netizen saat Belanja Online

Belanja online

Produk Fesyen Banyak Diburu saat Belanja Online

Barang atau produk yang paling banyak dibeli pria dan wanita saat Ramadan, urutannya:

  • Pria: Produk digital (pulsa, token PLN, paket data, voucher game), fesyen, kebutuhan sehari-hari, barang elektronik, serta produk rumah tangga.
  • Wanita: Produk fesyen, kecantikan, produk digital, kebutuhan sehari-hari, dan produk rumah tangga.

Duit Belanja Online, Dari THR atau Gaji?

Duit Belanja Online dari THR

Belanja Online Pakai THR Lebaran

Transaksi belanja online diperkirakan akan mencapai puncaknya pada minggu ketiga Ramadan. Maklum saja, Tunjangan Hari Raya (THR) sudah cair paling lambat di H-7 Lebaran. Walaupun begitu, Netizen mulai sadar untuk lebih bijak menggunakan uang tersebut. Jadi tidak jor-joran THR dihabiskan begitu saja demi belanja online.

  • Sebanyak 53,5% atau 3.478 Netizen mengaku hanya akan mengalokasikan seperempat atau 25% THR mereka untuk belanja online. Tapi ada juga segelintir Netizen yang ingin menghabiskan 76-100% duit THR buat belanja online. Wah aji mumpung kayaknya nih, mumpung dapat THR.

Waktu Belanja Online Pria dan Wanita

Belanja Online

Waktu Belanja Online Pria dan Wanita

  • Antara pria dan wanita berbeda dalam memilih waktu berbelanja online. Saat Ramadan, wanita lebih suka belanja pada malam hari, sedangkan pria lebih senang malam hari.
  • Biasanya favorit wanita belanja online pas sebelum tidur, yakni pukul 21.00-24.00. Sementara pria suka banget belanja di jam istirahat siang sekitar pukul 11.00-13.00.
  • Pada jam buka puasa pukul 17.00-19.00 pun, trafik belanja online cukup tinggi dari Netizen pria dan wanita. Ngabuburit seru ya, asal jangan lupa persiapan takjilnya.

Baca Juga: Cara Jitu Hindari Jebakan Diskon Jelang Lebaran

Promo Gede-gedean Bikin Netizen Kepincut Belanja Online

Promo Belanja Online

Promo Belanja Online

  • Hasil survei ShopBack menunjukkan, beragam promo diskon dan cashback menjadi hal utama yang mempengaruhi responden dalam berbelanja online menjelang dan saat Ramadan, dengan persentase 79,4%.
  • Diikuti dengan alasan harga murah (8,4%) dan lebih efisien di posisi ketiga dengan persentase (4,5%), karena pilihan barang lebih beragam (3,8%), dan alasan tidak ada waktu belanja offline (3,6%).

Daftar e-Commerce Favorit Netizen Belanja Online

Belanja Online

Berikut deretan e-commerce pilihan Netizen Belanja Online:

Produk Fesyen

  1. Shopee 48,1%
  2. Tokopedia 16,6%
  3. Zalora 16,4%
  4. Lazada 9,8%

Prduk Elektronik dan Gadget

  1. Tokopedia 34,7%
  2. Shopee 24,3%
  3. Lazada 11,8%
  4. ID 17,1%
  5. Blibli 8,6%.

Produk Kecantikan dan Kesehatan

  1. Shopee 52,4%
  2. Tokopedia 25%
  3. Lazada 9,2%.

Belanja Online: Mudah Bayarnya, Banyak Untungnya

Banyak orang pindah dari belanja offline ke online karena menawarkan berbagai metode pembayaran. Bisa lewat ATM bank, internet banking, mobile banking, maupun kartu kredit dengan cicilan 0%. Ingat ya, belanja dengan bijak agar dompet enggak jebol pasca Ramadan dan Lebaran.

Baca Juga: Mau Hemat dan Untung Belanja ‘Online’ Saat Ramadan? Ini Caranya

Sumber : https://www.cermati.com/artikel/doyan-belanja-online-saat-ramadan-survei-netizen-ri-bisa-habiskan-thr-rp-12-juta
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA