Selasa, 16 Ramadhan 1440 / 21 Mei 2019

Selasa, 16 Ramadhan 1440 / 21 Mei 2019

8 Cara Menjaga Lingkungan Selama Ramadhan (2)

Senin 13 Mei 2019 10:15 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Christiyaningsih

Wudhu (ilustrasi)

Wudhu (ilustrasi)

Foto: Republika/Yasin Habibi
Rasulullah melarang israf atau berlebih-lebihan saat melakukan wudhu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ramadhan merupakan momen di mana banyak umat Muslim berlomba-lomba untuk berbuat kebaikan. Salah satu kebaikan yang bisa dilakukan selama Ramadhan adalah menjaga lingkungan melalui gerakan Green Ramadhan.

Baca Juga

Konsep Green Ramadhan pertama kali dikampanyekan oleh Global Muslim Climate Network (GMCN) pada kampanye global Green Ramadhan di 2016. Akan tetapi beberapa tips ramah lingkungan yang dikampanyekan pada 2016 ini diadopsi dari Islamic Society of North America (ISNA) pada 2015.

Dalam gerakan Green Ramadhan ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan demi menjaga dan membuat lingkungan menjadi lebih baik. Berikut ini adalah kegiatan-kegiatan tersebut seperti dilansir My Salaam.

5. Eliminasi stirofoam

Stirofoam tak bisa didaur ulang dan tidak biodegradable. Artinya, stirofoam tetap akan menjadi sampah bahkan setelah 1.000 tahun stirofoam digunakan dan dibuang.

6. Wudhu sesuai sunnah

Salah satu sunnah Rasulullah saat berwudhu adalah tidak membuang-buang air. Rasulullah biasanya mengambil air wudhu dari semangkuk air yang kira-kira berukuran setengah liter. Rasulullah juga melarang israf atau berlebih-lebihan saat melakukan wudhu. Jika dari semangkuk air ini masih ada sisa, gunakan sisa air tersebut untuk menyiram tanaman.

7. Persingkat mandi dengan shower

Persingkat durasi mandi dengan shower dan ganti air hangat dengan air biasa saat mandi. Tindakan ini dapat menghemat air sekaligus energi.

Rata-rata mandi dengan shower selama 10 menit akan menghabiskan sekitar 25 galon air. Sedangkan penggunaan shower air hangat selama lima menit setara dengan membiarkan lampu 60 watt menyala selama 22 jam.

8. Berbagi kendaraan

Alih-alih menggunakan kendaraan pribadi saat berpergian, akan lebih baik bila saling berbagi kendaraan dengan orang lain yang memiliki tujuan sama. Salah satunya dengan cara menggunakan transportasi umum ketika berpergian jarak jauh atau berjalan kaki dan menggunakan sepeda ketika berpergian jarak dekat.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA