Wednesday, 17 Ramadhan 1440 / 22 May 2019

Wednesday, 17 Ramadhan 1440 / 22 May 2019

Cara Cepat Matangkan Alpukat

Rabu 24 Apr 2019 08:15 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda

Buah alpukat bisa dipercepat matangnya dengan berbagai cara.

Buah alpukat bisa dipercepat matangnya dengan berbagai cara.

Foto: ABC
Alpukat yang masih mengkal bisa matang dalam beberapa hari dengan sejumlah cara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat membeli alpukat, orang tak selalu mendapatkan buah matang dan empuk. Bagaimana cara cepat membuatnya menjadi matang?

Di laman health24, ada sejumlah cara yang bisa dicoba untuk mematangkan alpukat yang matang. Berikut di antaranya:

1. Simpan alpukat di sebelah buah pisang

Kalau belanja alpukat, belilah pula beberapa pisang. Pisang menghasilkan etilen, gas yang membantu memicu proses pematangan. "Letakkan alpukat Anda di mangkuk buah dekat pisang untuk mematangkannya lebih cepat,” kata ahli diet terdaftar, Maggie Michalczyk.

2. Masukkan alpukat ke dalam kantong kertas

Menempatkan alpukat dalam kantong kertas akan membantu mempercepat prosesnya pematangan. Dengan cara ini, maka alpukat akan siap dan matang dalam waktu empat hari.

“Tetapi untuk benar-benar mempercepatnya, tempatkan alpukat di kertas dengan apel sehingga gas pemasakan terperangkap di dalamnya," kata Michalczyk.

Selain pisang, apel juga mengeluarkan gas etilen yang bisa membantu mematangkan alpukat. Kombinasi dua buah tersebut akan membuat alpukat matang dalam satu hingga tiga hari.

Tak ada pisang atau apel? Ada banyak pilihan buah lain yang menghasilkan etilen, di antaranya, tomat, kentang, buah kiwi, dan mangga. Jangan lupa untuk memeriksa kondisi alpukat setiap hari untuk memastikan tingkat kematangannya.

3. Panaskan alpukat dalam oven

Cara ini hanya berfungsi untuk alpukat yang tidak mengkal. Michalczyk mengatakan, alpukat yang benar-benar masih hijau di sekelilingnya, sebaiknya disimpan terlebih dahulu agar lebih matang.

“Untuk mematangkan alpukat dengan oven, bungkus alpukat dengan kertas timah dan panggang sekitar 100 derajat selama 10 hingga 15 menit. Hasilnya, buah akan sedikit melunak” kata dia.

 4. Letakkan alpukat dekat sinar matahari

Jangan biarkan alpukat hangus di bawah sinar matahari jika sangat kondisi sangat panas. Akan tetapi, Michalczyk menyarankan untuk meletakkannya di meja yang terpapar sinar matahari untuk membuatnya matang dengan cepat.

Temperatur yang lebih hangat membantu mempercepat proses pematangan. Menaruh alpukat di ambang jendela mungkin cara paling fungsional untuk membuatnya matang.

5. Peram alpukat dalam beras

Cara lain untuk mematangkan alpukat adalah dengan memeramnya dalam beras. Caranya, ambil mangkuk dan beri alpukat sedikit beras. Alpukat pun akan siap untuk dimakan dalam beberapa hari.

"Alpukat menghasilkan gas etilen juga sehingga ketika diletakkan dalam semangkuk beras, gas pematangan akan terjebak," katanya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA