Kamis, 18 Safar 1441 / 17 Oktober 2019

Kamis, 18 Safar 1441 / 17 Oktober 2019

Perkara yang Membuat Renggang Mertua dan Menantu (2-Habis)

Senin 22 Apr 2019 11:04 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Reiny Dwinanda

Menantu versus mertua/ilustrasi

Menantu versus mertua/ilustrasi

Foto: worldtranslation.org
Hubungan mertua dengan menantu bisa rusak akibat campur tangan yang terlalu jauh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ibu mertua kadang digambarkan sebagai sosok menyeramkan di mata menantu. Ada ibu mertua yang berusaha mengambil alih kehidupan menantu perempuannya, membesar-besarkan hal-hal kecil, sehingga membuat keluarga bergulat dengan situasi rumit.

Baca Juga

Ibu mertua terkadang kesulitan menetapkan batas sejauh mana ia bisa terlibat dalam kehidupan anak dan menantu. Tips di bawah ini akan membantu mertua agar tidak mengatakan hal salah kepada menantu perempuan, dilansir dari Womanitely, Senin (22/4).

6. Kamu perlu menurunkan berat badan
Penambahan berat badan setelah hamil dan melahirkan cenderung menjadi topik pembicaraan rumit antara ibu mertua dan menantu perempuannya. Ibu mertua sering bermanuver dengan pertanyaan dan pernyataan sehingga membuat menantunya merasa tidak cantik. Untuk melindungi hubungan, cara terbaik Anda tak mengatakan apa-apa tentang berat badan menantu. Sebaliknya dengan memuji.

7. Suamimu tidak akan suka itu
Menantu perempuan sangat mengerti ibu mertuanya lebih banyak mengetahui apa yang disukai dan tidak disukai anaknya, seperti menu masakan. Meski demikian, hindari mendikte menantu dengan pernyataan yang menyudutkan, misalnya, mengatakan suaminya tak akan menyukai menu itu dan mengambil alih dapurnya. Tiap orang memiliki preferensi berbeda tentang suka dan tidak suka.

8. Begini cara tepat melakukannya
Terlepas dari menantu Anda kompeten atau kurang kompeten mengurus rumah tangga, tak perlulah memberi saran jika tak diminta. Jika ingin menyampaikan pandangan, gunakan cara-cara kreatif sehingga menantu tak merasa terganggu.

9. Ada rumah kosong di dekat rumah ibu
Menantu perempuan mungkin merasa tidak nyaman jika tinggal berdekatan dengan mertua. Oleh sebabnya, ibu mertua tak perlu menyarankan anak dan menantu membeli rumah yang dekat dengan rumah ayah-ibunya.

10. Anakku tak pandai melakukan itu
Terkadang ketika seorang ibu berkomentar tentang kelemahan putranya. Hal itu bisa menyinggung perasaan menantu perempuannya dengan berbagai cara. Ini akan mengimplikasikan sebagai istri dirinya tak tahu banyak tentang suami. Tinggalkan kritik semacam ini.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA