Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Tips Menjalin Hubungan Mesra dengan Mertua

Senin 22 Apr 2019 09:09 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Reiny Dwinanda

Menantu versus mertua/ilustrasi

Menantu versus mertua/ilustrasi

Foto: worldtranslation.org
Ada sejumlah cara yang bisa ditempuh untuk menjalin hubungan mesra dengan mertua.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berurusan dengan mertua bisa terasa penuh tantangan. Namun, ada cara efektif menghadapi mertua yang terlalu mengatur atau memengaruhi kehidupan rumah tangga anak dan menantunya berlebihan. Berikut adalah tips menghadapi mertua, dilansir dari Womanitely, Senin (22/4).

1. Buang stereotipe negatif
Sejak awal pernikahan, jangan langsung beranggapan kehadiran mertua hanya akan merepotkan. Banyak mertua yang memberi dukungan penuh, menyenangkan, dan menghormati anak menantunya. Mulailah hubungan dengan pikiran terbuka agar stereotipe negatif itu menghilang.

2. Bicara jujur
Bermasalah dengan mertua? Bicarakan terbuka dan jujur dengan pasangan. Jangan biarkan pasangan tidak tahu dan Anda berjuang sendiri. Jelaskan masalah apapun secara bijaksana.

3. Tentukan batas
Mertua bisa saja melampaui batas dalam bersikap, misalnya datang ke rumah tanpa memberi kabar terlebih dahulu atau menyalahkan pola pengasuhan anak. Anda dan pasangan perlu menentukan batasan jika terjadi kasus lebih ekstrem.

4. Buat mertua merasa dibutuhkan
Dalam banyak kasus, menantu daoat membuat mertuanya merasa dibutuhkan membuat sang mertua merasa penting dan berguna. Ini akan menghalangi mereka ikut campur dalam rumah tangga Anda dengan cara-cara kurang menyenangkan. Anda misalnya bisa menanyakan pendapat mertua tentang hadiah ulang tahun terbaik untuk anak atau memintai pendapat mereka terkait dekorasi rumah.

5. Temukan kesamaan
Anda bisa terhubung positif dengan mertua jika fokus menemukan kesamaan. Cobalah menemukan hobi dan minat yang sama kemudian gunakan ini untuk memulai percakapan yang menyenangkan.

6. Keputusan mertua tidak mencerminkan pasangan
Ketidaksetujuan mertua belum tentu mencerminkan sikap pasangan. Cobalah tidak menyalahkan pasangan Anda jika mertua memberi kesulitan.

7. Jangan libatkan mertua dalam masalah perkawinan
Meski Anda dekat dengan mertua, hindari melibatkan mereka dalam masalah perkawinan. Tak peduli mereka berada di sisi mana, keterlibatan mertua hanya mendatangkan masalah dan semakin mengacaukan hubungan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA