Wednesday, 17 Ramadhan 1440 / 22 May 2019

Wednesday, 17 Ramadhan 1440 / 22 May 2019

5 Kesalahan yang Umum Terjadi Ketika Memasak

Ahad 21 Apr 2019 12:20 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Dwi Murdaningsih

Memasak di dapur.

Memasak di dapur.

Foto: Max Pixel
Keasalahan pada saat memasak membuat pemborosan dan rasa hidangan tidak memuaskan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mempelajari cara memasak di dapur sendiri adalah cara yang efektif untuk memperluas wawasan kuliner dengan budget terbatas. Namun, banyak koki amatir yang melakukan kesalahan sehingga berujung pada pemborosan dan rasa hidangan tidak memuaskan.

Baca Juga

Dilansir Malay Mail, Ahad (21/4) berikut adalah lima kesalahan yang umum terjadi ketika memasak dan solusi mudah untuk mengatasinya.

Tidak melindungi tangan ketika memotong

Menggunakan pisau tajam adalah suatu keharusan ketika memasak, namun ada tindakan pencegahan keselamatan yang perlu diingat saat memegang pisau.

Saat memotong, pegang pisau dengan tangan dominan (pada umumnya kanan, dan bagi orang dengan tangan kidal gunakan saja tangan kiri). Kemudian simpan tangan yang lain dalam posisi cakar dengan kuku tegak lurus dengan permukaan bahan makanan yang hendak dipotong.

Jika pisau tergelincir saat digunakan, posisi cakar akan sangat mengurangi risiko cedera karena pisau hanya akan bersentuhan dengan kuku.

Menuangkan air susu kemasan dengan salah

Susu adalah minuman pokok yang biasa dikonsumsi untuk sarapan. Tetapi banyak yang tidak mengetahui cara yang tepat ketika menuangkannya.

Disarankan, tuangkanlah susu pada bagian yang jarak antara tutup kemasan dengan gelas paling lebar. Karena menuangkan susu kemasan dengan tutup yang dekat dengan gelas akan menghasilkan aliran udara yang buruk, juga menyebabkan percikan dan kemungkinan tumpah.

Membuang sisa-sisa dapur

Tahukah Anda bahwa batang sayuran, kulit, ujung, akar, dan daun dapat digunakan untuk membuat kaldu sayur yang lezat?

Pertama-tama mulailah mengumpulkan sisa-sisa dari sayuran seperti bawang, wortel, seledri, daun bawang, bawang putih, jahe, dan kentang dan bekukan. Setelah terkumpul cukup banyak, Anda bisa memasukkan semua sisa sayuran ke panci dengan air, sedikit garam, merica dan kecap asin kemudian panaskan hingga mendidih.

Setelah satu jam, saring ampasnya kemudian simpan di botol. Untuk tahan lebih lama, simpan kaldu sayur tersebut di freezer ya.

Memasak daging beku secara langsung

Semua orang menyukai rendang yang diolah dari daging yang lembut dan diolah dengan cara yang benar. Janganlah sekali-kali memasak langsung daging dalam keadaan masih membeku.

Karena itu, sebelum memasukkan daging ke dalam wajan, biarkan suhu daging sama dengan suhu kamar. Sementara menunggu daging tidak beku, Anda bisa sambil menyiapkan bumbu untuk hidangan Anda.

Dapur yang berantakan

Dapur yang tidak terorganisir tidak hanya menunda proses memasak tetapi meningkatkan risiko kontaminasi pada makanan. Untuk itu sebelum memasak, tata semua peralatan dan bersihkan piring kotor agar nanti tidak menumpuk.

Jangan lupa membersihkan pisau di sela-sela penggunaan, terutama jika Anda menggunakannya untuk memotong ayam atau daging mentah.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA