Sunday, 8 Rabiul Awwal 1442 / 25 October 2020

Sunday, 8 Rabiul Awwal 1442 / 25 October 2020

Lima Tips Maksimalkan Fungsi Freezer

Selasa 02 Apr 2019 06:55 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Christiyaningsih

Menyimpan daging di freezer tahan sampai tiga bulan. ilustrasi

Menyimpan daging di freezer tahan sampai tiga bulan. ilustrasi

Foto: joshweed.com
Memaksimalkan freezer bisa tingkatkan kesehatan dan menghemat uang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Freezer punya banyak kegunaan dan manfaat. Jika Anda tahu bagaimana cara menggunakannya dengan tepat, maka freezer adalah teman untuk memasak. Dilansir mindbodygreen, berikut adalah beberapa tips menggunakan freezer. Dengan memaksimalkan fungsi freezer, Anda dapat meningkatkan kesehatan dan menghemat banyak uang.

1. Bekukan alpukat
Alpukat memiliki ciri mengeras terlebih dahulu sebelum matang dan melembek. Freezer bisa membantu buah ini matang dengan sempurna.

Saat alpukat telah matang, potong kecil-kecil alpukat dan bekukan potongan-potongan itu agar tidak saling bersentuhan di selembar kertas roti di atas loyang atau piring. Ketika alpukat benar-benar beku, pindahkan potongan ke dalam kantong. Alpukat sangat cocok untuk menambah lemak dan ketebalan yang sehat pada menu minuman smoothie.

2. Simpan sisa sayuran
Setiap kali membuat hidangan yang berpusat pada produk setiap hari, simpan sisa sayuran dalam tas besar di freezer. Sisa sayuran yang bisa disimpan seperti kulit bawang, atasan wortel, kulit kentang, dan banyak lagi.

Ketika kantong sudah penuh, buatlah kaldu sayuran sendiri dengan merebus semuanya. Tambahkan dengan sedikit garam laut dalam air yang disaring selama sekitar satu jam. Setelah itu, saring dan buang sisa makanan itu. Paling tidak Anda memiliki kaldu lezat buatan sendiri yang seharusnya Anda beli.

3. Bekukan kaldu
Kita semua pernah mengalami ini: membeli beberapa kaldu atau kaldu dan menggunakan sebagian besar karton untuk resep. Sementara itu seperempat gelas yang tersisa disimpan di lemari es sampai membusuk.

Alih-alih meletakkan sisa karton yang  tahu tidak akan pernah digunakan kembali di lemari es, sebaiknya tuangkan ke dalam baki es batu. Saat kubus benar-benar beku, keluarkan dan simpan di dalam sebuah kantong. Anda bisa menggunakan kubus-kubus kecil ini untuk membakar sayuran, sebagai dasar saus, atau menambahkan sedikit umami ke pasta atau sup.

4. Bekukan sayuran
Membekukan sayuran memang terdengar aneh. Tetapi bayam adalah salah satu barang beku yang paling umum dibeli.

Sayuran beku sangat bagus menjadi salah satu bahan smoothie atau sup untuk menambahkan tambahan pop klorofil. Pastikan sayuran telah dibilas atau dicuci dan dikeringkan dengan baik karena sayur hampir tidak mungkin dicuci begitu beku.

5. Jaga freezer agar penuh
Tahukah Anda freezer penuh sebenarnya lebih hemat energi daripada yang kosong? Setiap kali Anda membuka freezer, ia menggunakan energi untuk mendinginkan kembali freezer sendiri setelah udara dingin di dalam keluar dan udara hangat dari lingkungan luar masuk.

Ketika freezer penuh, ada sedikit ruang bagi udara hangat baru untuk menembus dan makanan beku yang sudah ada di dalam freezer membantu mendinginkan semuanya kembali. Intinya adalah dengan menjaga freezer penuh, Anda tidak hanya akan menghemat uang untuk belanjaan Anda. Anda juga akan menghematnya untuk tagihan listrik.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA