Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Saat Ramadhan Manajemen Isi Kulkas Jadi Penting

Jumat 18 May 2018 13:55 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Indira Rezkisari

Makanan yang disimpan di kulkas.

Makanan yang disimpan di kulkas.

Foto: Flickr
Merencanakan menu membantu menghindari penumpukan isi kulkas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di bulan Ramadhan manajemen makanan menjadi penting. Kebutuhan terhadap sajian segar dan berkualitas juga tinggi selama berpuasa.

Penyimpanan makanan yang baik di dalam kulkas pun menjadi penting. Michael Adisuhanto, Senior Product Marketing Manager Digital Appliances, Samsung Electronics Indonesia, dalam siaran pers yang diterima, Jumat (18/5), mengungkap saat Ramadhan konsumen cenderung membeli lebih banyak bahan makanan serta lebih sering berbelanja.

Sebanyak 69 persen konsumen Indonesia memiliki peningkatan kuantitas jumlah belanja terutama untuk bahan mentah, buah-buahan, sayuran dan sirup. Konsumen juga menghindari untuk menimbun makanan di dalam lemari es dalam jangka waktu yang lama.

Mereka memilih untuk segera mengolah bahan yang tersimpan dingin, seperti membuat sayuran tumis untuk pemenuhan nutrisi. Atau membuat es buah yang mengandung buah-buahan yang mudah layu, seperti kelapa atau nangka, sebagai menu berbuka puasa.

Ketika tiba waktunya sahur, merupakan tantangan tersendiri bagi konsumen untuk menyiapkan makanan. Mengatasi tantangan tersebut, Michael menuturkan, konsumen bisa menyiasatinya dengan terlebih dahulu memasak makanan lalu menyimpannya di dalam lemari es, untuk dapat dipanaskan kembali pada saat sahur. Kondisi ini membuat konsumen membutuhkan lemari es yang dapat memberikan kemudahan menjaga bahan-bahan tetap dingin dan segar.

''Lemari es dua pintu menjadi pilihan tepat bagi konsumen untuk menjaga kesegaran makanan yang siap dikonsumsi pada saat Ramadhan. Konsumen dapat leluasa mengelola penyimpanan menu sahur dan berbuka puasa sesuai dengan kebutuhan,'' ujarnya.

Di bulan puasa, dilansir dari India Times, ada baiknya membuat perencanaan menu. Makanan yang akan dimasak dan dibeli jadi tidak menempuk hingga akhirnya mubazir.

Rencanakan menu makan selama beberapa hari dan belanja sesuai kebutuhan. Hindari pembelian makanan impulsif dan coba bertahan ke rencana sebisa mungkin. Tujuannya, agar tidak ada makanan yang dibeli berlebihan hingga akhirnya terbuang.

Trik ini akan menghindari isi kulkas yang berlebihan. Kulkas yang penuh hingga sesak justru akan mengurangi efek pendingin kulkas. Sebab udara dingin tidak bisa mengalir efektif. Kulkas jadi kehilangan kemampuannya mengeluarkan dingin dan akhirnya menyebabkan makanan mudah busuk.



BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA