Wednesday, 17 Rajab 1444 / 08 February 2023

Studi Ungkap 4 Cara Terbaik Memberi Hadiah

Selasa 28 Nov 2017 10:46 WIB

Rep: MGROL 99/ Red: Indira Rezkisari

Hadiah.

Hadiah.

Foto: Pexels

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak ada seseorang yang suka menghabiskan waktu akhir pekannya untuk mengantri di sebuah toko. Terlebih untuk membelikan hadiah untuk pasangan dan mmebuatnya senang. Bagaimana jika ada seni lain untuk memilih hadiah yang lebih berkaitan dengan jiwa seseorang dan bukan label harga yang lumayan?

Pertimbangkan strategi ini untuk memilih hadiah yang berarti, dilansir dari Reader's Digest.

Dengarkan apa yang diinginkan

Mungkin Anda berpikir ada baiknya memberi kejutan seseorang dengan memberikan barang berharga. Tapi akan lebih baik jika memberikan sesuatu yang benar-benar mereka inginkan dari apa yang pernah mereka katakan pada Anda. Misal, beberapa minggu yang lalu pasangan Anda menginginkan Fitbit untuk membentuk tubuhnya. Bagi Anda, itu terasa membosankan dan mudah ditebak, jadi sebaliknya Anda memilih untuk mendaftarkannya sebagai anggota gym.

Tapi sebenarnya cara itu kurang tepat, berdasarkan Journal of Experimental Social Psychology, periset menemukan bahwa penerima hadiah lebih menghargai hadiah yang mereka minta daripada yang tidak mereka dapatkan. Jadi lupakan apa yang Anda pikir mereka inginkan tapi berikan apa yang mereka minta secara spesifik.

Ukuran bukan menjadi masalah

Bagian tersulit dari proses ini adalah mencoba menunjukkan apa yang Anda rasakan melalui pilihan hadiah Anda karena tindakan berbicara lebih keras daripada kata-kata. Dengan semangat menunjukkan cinta, kita mungkin akan berpikir lebih keras unutk membuat seseorang merasa bahagia.

Jika pasangan Anda penggemar film bukan berarti Anda harus membelikan Smart TV dengan layar melengkung, pilihkan hadian yang cerdas dan praktis misalnya dengan berlangganan TV satelit dan berikan berondong jagung sebagai hadiah yang berarti.

Sebagai gantinya, pikirkan cerdas dan praktis (dan hemat uang dengan tip anggaran belanja liburan ini). Misalnya, jika dia penggemar film, dapatkan langganan setahun untuk Netflix.

Tetap terbuka

Banyak dari kita mungkin mempertimbangkan untuk memberi uang tunai atau kartu hadiah terkesana impersonal. Tapi dalam sebuah survei baru-baru ini terhadap lebih dari 7.000 pembeli Black Friday, 39 persen mengatakan bahwa hadiah uang atau voucher belanja justru membuat penerima hadiah bisa membeli apa yang diinginkannya. Hal ini bisa dijadikan alasan memberikan kupon hadiah atau voucher belanja bagi pasangan di toko favoritnya.

Buat sebuah pengalaman

Bila semuanya gagal, ciptakan momen yang tak terlupakan. Seperti memberi hadiah kreatif bukan bentuk mainan. Misalkan membeli paket belajar selancar, membeli tiket pergi ke taman bermain, atau memberikan sesuatu yang tidak terduga seperti tiket belaja penerbangan. Hal tersebut bisa dilakukan bersama sekaligus menciptakan ingatan abadi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA