Monday, 7 Rabiul Awwal 1444 / 03 October 2022

7 Trik Ampuh untuk Menciptakan Ide Bisnis dan Memulainya

Selasa 19 Apr 2016 08:24 WIB

Red: Andi Nur Aminah

  Hasil kerajinan tangan Utang Mamad (45) dari bahan baku bambu yang dibuat berbagai bentuk rumah lampu, di Kampung Ciloa, Desa Mekarsari, Kecamatan Selaawi, Kabupaten Garut, Kamis (12/11).

Hasil kerajinan tangan Utang Mamad (45) dari bahan baku bambu yang dibuat berbagai bentuk rumah lampu, di Kampung Ciloa, Desa Mekarsari, Kecamatan Selaawi, Kabupaten Garut, Kamis (12/11).

Foto: C10

REPUBLIKA.CO.ID, Menjadi wirausahawan dan memiliki bisnis sendiri mungkin merupakan keinginan bahkan mimpi sebagian orang. Namun untuk bisa sukses dalam bisnis yang digeluti, tentu usaha yang dilakukan pun bukan sekadar usaha biasa saja. 

Orang yang ingin menjadi wirausahawan murni tentu harus siap mengorbankan beberapa hal yang tidak menutup kemungkinan  juga merupakan mimpi lama mereka. Harus dimengerti bahwa menjalankan wirausaha bukan hanya menjadi bos bagi diri Anda di bidang pekerjaan, namun juga menjadi tameng terdepan ketika bisnis atau usaha tersebut sedang dihadang berbagai tantangan yang berusaha menjauhkan Anda dari kesuksesan.

Banyaknya tantangan yang mungkin akan dihadapi oleh wirausahawan ketika merintis, membangun dan juga mempertahankan usaha mereka supaya mencapai dan tetap berada dititik  sukses. Jika Anda ingin menjadi wirausahawan sukses, tentunya Anda harus memiliki strategi tepat mulai dari perencanaan dan masalah perintisan.   

Kami akan membantu Anda dengan menyediakan beberapa tips jitu untuk menciptakan peluang bisnis yang berbeda dan bisa menjadi pelopor di bidang wirausaha Anda sendiri.

Peka terhadap lingkungan dan sadari masalah yang ada di sekitar Anda  

Tak perlu berpikir sampai jauh untuk menemukan ide yang tepat bagi usaha Anda. Cukup menjadi peka terhadap lingkungan dan temukan apa yang kerap menjadi masalah meski pun hal tersebut adalah masalah yang relatif kecil. Hal ini bisa menginspirasi Anda untuk menemukan ide bisnis dan usaha yang tepat sesuai dengan permasalahan yang dialami masyarakat dan lingkungan sekitar Anda.

Artikel ini merupakan kerja sama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA