Sunday, 16 Rajab 1442 / 28 February 2021

Sunday, 16 Rajab 1442 / 28 February 2021

Konsultasi Keuangan

Kiat Berbisnis Bersama Keluarga

Ahad 14 Feb 2016 16:44 WIB

Red: Indira Rezkisari

Menjadi pebisnis bukan hal mudah, perlu strategi dan ketangguhan.

Menjadi pebisnis bukan hal mudah, perlu strategi dan ketangguhan.

Foto: ist

REPUBLIKA.CO.ID, Salah satu masalah yang paling sering dihadapi oleh seorang karyawan adalah masalah gaji yang tidak pernah cukup dan waktu untuk keluarga yang selalu kurang. 

Antara waktu dan uang, biasanya selalu ada hubungan timbal balik.  Semakin tinggi jabatan dan posisi seseorang di sebuah perusahaan, biasanya semakin kurang waktu untuk keluarga, tetapi anehnya pada beberapa orang juga, walau jabatan dan posisi biasa saja, tetap saja waktu untuk keluarga juga kurang.

Jika kita ingin bedah lebih lanjut, ternyata, hampir 70 persen hidup habis untuk bekerja, mencari nafkah buat keluarga, artinya porsi terbesar hidup kita melayani perusahaan dimana kita bekerja.

Pertanyaannya adalah bagaimana agar porsi tersebut, kita ubah menjadi 70 persen untuk keluarga, sementara uang dan posisi kita dapatkan juga?

Bagi beberapa orang yang memang passion dengan bidang dimana perusahaan tempatnya bekerja, maka solusi praktisnya adalah Quality Time (waktu yang berkualitas) lebih ditingkatkan untuk keluarga, sementara bagi yang yang ingin mendapatkan Quality & Quantity Time (waktu yang panjang dan berkualitas) maka mau tidak mau, berbisnis atau mencari nafkah bersama keluarga adalah solusinya.

Apa itu berbisnis bersama keluarga?

Dua orang atau lebih (suami, isteri, anak) yang memiliki komitmen bersama untuk berbisnis dalam sebuah lingkup keluarga.
Hal paling mendasar dari relasi antara bisnis dan keuarga adalah bahwa bisnis yang harus melayani keluarga Anda, bukan sebaliknya.

Hari ini, banyak kita temui orang-orang yang bisa berjam-jam menghibur rekan atau mitra bisnisnya di sebuah kafe, sementara untuk hak dan waktu buat anak atau suami atau istrinya, hanya sekejap mata memandang. Padahal kita bekerja, berusaha tentu ujungnya adalah bagaimana bisa membahagiakan keluarga kita masing-masing.

 

Kolom ini diasuh oleh WealthFlow 19 Technology Inc.,Motivation, Financial & Business Advisory (Lembaga Motivasi dan Perencana Keuangan Independen berbasis Sosial-Spiritual Komunitas). Pertanyaan kirim ke email : uang@rol.republika.co.id  SMS 0815 1999 4916.

twitter.com/h4r1soulputra
www.p3kcheckup.com

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA